Pertumbuhan Ekonomi Kalbar Melebihi Nasional, Banggar DPR: Kami Apresiasi Ini

Pertumbuhan Ekonomi Kalbar Melebihi Nasional, Banggar DPR: Kami Apresiasi Ini
Tim Banggar DPR RI saat melakukan pertemuan bersama Gubernur Kalbar, Sutarmidji serta para bupati/wali kota se-Kalbar di ruang Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar. (Foto ANTARA/Slamet Ardiansyah)

jpnn.com, PONTIANAK - Wakil Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR) Syarief Abdullah Alkadrie mengapresiasi capaian pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang melebihi nasional. 

Meski di tengah pandemi Covid-19, kata Syarief, pertumbuhan ekonomi Kalbar pada Triwulan III-2021 tumbuh 4,60 persen (year on year) atau lebih besar dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3,51 persen (yoy). 

“Hal ini tentu kami apresiasi,” tegas Syarief saat memimpin tim Banggar DPR melakukan kunjungan kerja ke Pemprov Kalbar di Pontianak, Selasa (14/12).  Hadir pula anggota tim Banggar DPR, antara lain, Cornelis, Maria Lestari, dan Boyman Harun. 

Syarief juga menilai bahwa penyerapan anggaran di lingkungan Provinsi Kalbar cukup baik, sehingga pertumbuhan ekonomi di provinsi ini bisa melebihi nasional. 

Lebih lanjut Syarief menjelaskan bahwa kunker Tim Banggar DPR ke Kalbar ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung bagaimana penyerapan anggaran pembangunan. Selain itu, lanjut dia, juga untuk mengetahui berbagai masalah yang dihadapi Pemprov Kalbar serta pemerintah kabupaten/kota di provinsi tersebut. 

"Jadi, kami ingin mengetahui transfer dana dari pusat ke daerah, termasuk transfer dana desa. Bagaimana penyerapan dana tersebut untuk pembangunan apakah ada kendala atau tidak," paparnya.

Syarief menambahkan kehadiran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam kunker ini juga diharapkan dapat mengetahui lebih jauh dan menindaklajuti persoalan-persoalan yang dihadapi daerah dalam penyerapan anggaran.

"Dengan demikian ke depan ada peningkatan transfer dan penyerapan anggaran pembangunan sehingga Kalbar bisa menjadi lebih baik lagi," kata legislator Dapil I Kalbar, itu. 

Banggar DPR mengapresiasi capaian pertumbuhan ekonomi Kalbar yang lebih tinggi dari angka nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News