Kios E-CD Dibuka Bea Cukai Yogyakarta di Bandara YIA, Bikin Urusan Lebih Cepat & Mudah

Kios E-CD Dibuka Bea Cukai Yogyakarta di Bandara YIA, Bikin Urusan Lebih Cepat & Mudah
Kios E-CD yang dibuka Bea Cukai Yogyakarta di terminal kedatangan internasional Bandara YIA membantu penumpang dari luar negeri mengisi pemberitahuan pabean atas barang bawaannya. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, YOGYAKARTA - Bea Cukai Yogyakarta berinovasi dengan membuka kios Electronic Customs Declaration (E-CD) demi memberikan kemudahan bagi para penumpang yang tiba dari luar negeri melalui Yogyakarta International Airport (YIA).

Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto menyampaikan dengan adanya kios E-CD ini, penumpang dapat dengan mudah mengisi pemberitahuan pabean atas barang bawaannya menggunakan perangkat yang telah disediakan.

Setelah pengisian E-CD melalui alat yang disediakan, penumpang akan mendapatkan kertas barcode untuk kemudian dipindai oleh petugas Bea Cukai yang bertugas.

“Setelah beroperasinya kios E-CD sejak Desember lalu, pengisian customs declaration di terminal kedatangan internasional YIA terbukti lebih cepat dan mudah," ujar Eko Darmanto melalui keterangan, Senin (2/1).

Hal ini, kata Eko, menjadikan kegiatan pengawasan dan pelayanan penumpang internasional pada akhirnya dapat berjalan lebih efisien.

"Semoga ini dapat terus kami tingkatkan,” ujar Eko.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang Bawaan Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut, penumpang yang baru datang dari luar negeri wajib mengisi customs declaration (CD) sebagai bentuk pemberitahuan pabean atas barang bawaannya.

Menurut Eko, meskipun E-CD untuk penerbangan internasional melalui YIA dapat diakses kapan saja lewat https://bcyogyakarta.beacukai.go.id/e-cd/#/, faktanya masih banyak penumpang yang belum memenuhi kewajiban tersebut saat tiba di Yogyakarta.

Bea Cukai Yogyakarta membuka kios E-CD yang memudahkan penumpang dari luar negeri mengisi customs declaration di terminal kedatangan internasional Bandara YIA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News