Kiprah Anies di Pendidikan Jelas, Sejak 2010 Kirim Ribuan Pemuda Lewat Indonesia Mengajar

Kiprah Anies di Pendidikan Jelas, Sejak 2010 Kirim Ribuan Pemuda Lewat Indonesia Mengajar
Capres dari Koalisi Perubahan di Pilpres 2024 Anies Baswedan. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, TULANG BAWANG BARAT - Capres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Anies Baswedan sudah lama dikenal sebagai tokoh pendidikan.

Menteri pendidikan pada periode 27 Oktober 2014 – 27 Juli 2016 itu merupakan pelopor Indonesia Mengajar yang banyak mengundang pujian.

Melalui Indonesia Mengajar, Anies mengirim berbagai pemuda ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk Provinsi Lampung. Pada Kamis (7/12/2023), cucu Pahlawan Nasional A.R. Baswedan itu mengunjungi Lampung dalam rangka kampanyenya di Pilpres 2024.

Salah satu saksi sekaligus pelaku Indonesia Mengajar ialah Angga Putra Fidrian, seorang pengajar muda di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Lampung. Dia menyebut program itu telah dilaksanakan sejak tahun 2010.

“Saya bertugas menjadi guru di Tulang Bawang Barat di SDN 02 Margomulyo, Desa Margomulyo, Kecamatan Gunung Terang, Kabupaten Tulang Bawang Barat sejak tahun 2012-2014,” ujarnya.

Menurut Angga, sosok Anies Baswedan sangat mengedepankan pendidikan sebagai salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

“Bagi Pak Anies Baswedan, pendidikan adalah hal yang paling penting sebagai eskalator sosial ekonomi, maka kami hadir membantu mengisi kekosongan guru di Tubaba yang baru menjadi Kabupaten,” ujar Angga.

Kini, Angga menjadi salah satu juru bicara Jubir Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN).

Capres bernomor urut 1 di Pilpres 2024 Anies Baswedan merupakan pelopor Indonesia Mengajar yang banyak mengundang pujian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News