Kisah Dewi Yull Hibur Para RKI di Negara Konflik, Irak!

Kisah Dewi Yull Hibur Para RKI di Negara Konflik, Irak!
Dewi Yull bersama para seniman yang menghibut para TKI di Irak. FOTO: Ist

jpnn.com - PENYANYI Dewi Yull bersama para seniman seperti Khaliza Putri, musisi Adiansyah, serta tujuh penari dari Day Community (Day.com) baru-baru ini menjadi duta kesenian punya pengalaman unik. Ya, mereka baru saja diminta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Baghdad, Irak, menghibur para TKI di sana.  ”Pertama kali di tawarin binggung, pastinya dag-dig-dug antara senang dan takut,” ujarnya.

Ya dengan latar belakang cerita dan konflik yang pernah terjadi di negara tersebut. 

Dewi Yull sempat khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan di negara tersebut. Maklum Irak adalah salah satu negara yang terus mengalami konflik dan perang berkepanjangan.

Namun, karena ini merupakan kesempatan yang tidak mungkin terjadi kali kedua ia memutuskan untuk berangkat dengan segala risiko yang akan diterimanya nanti. ”Tapi alhamdulillah semua acara bisa berjalan lancar,” kata Dewi.

Dalam lawatannya selama sepekan, 3-9 November 2015 ke Negeri Seribu Satu Malam itu, Dewi Yull Cs mengisi panggung kesenian  di dua kota, yakni di Baghdad dan Erbil, Kurdistan.  

Saat di kota Baghdad, dewi dan kawan-kawanya di Hall Baghdad Expo, bertepatan digelarnya pameran perdagangan internasional, Baghdad International Fair 2015 (1-10 November 2015).

Sementara di kota Erbil, Kurdistan tampil di Ashty Hall untuk menghibur para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). ”Jauh betul ketegangannya dan beda banget dengan Baghdad. Kalau di Baghdad hampir beberapa ratus meter ada check point kayak perang banget, tapi di Erbil situasinya adem ayem," katanya.

Lalu apa yang membuatnya tetap manggung di Irak? "Pertama saya yakin sama Allah, kalau ini jalan saya dimudahkan. Kedua, Duta Besar Indonesia untuk Irak  (Letjen TNI Mar Purn Safzen Noerdin, Red)  bilang aman Insya Allah aman. Karena mereka yang tahu kondisinya masak kami nggak percaya. Apalagi beliau tentara," kata Dewi.

PENYANYI Dewi Yull bersama para seniman seperti Khaliza Putri, musisi Adiansyah, serta tujuh penari dari Day Community (Day.com) baru-baru ini menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News