Kisah Gadis Tanpa Lengan dan Kaki, Hidup di Dalam Baskom Plastik

Kisah Gadis Tanpa Lengan dan Kaki, Hidup di Dalam Baskom Plastik
Rahma Haruna. Foto: barcroft

jpnn.com - TAK ada gurat duka di wajahnya. Meski kondisinya sangat sulit untuk digambarkan dengan kata-kata, tatapannya penuh harapan..menyimpan banyak impian.

Rahma Haruna namanya. Gadis berusia 19 tahun ini tinggal bersama keluarganya di desa Lahadin Makole, Kano, Nigeria.

Seperti yang Anda lihat....Rahma tinggal di dalam sebuah baskom plastik. Dia lahir dalam keadaan sehat. Namun saat berusia enam bulan, sebuah gejala traumatis dan kondisi misterius menimpanya. Lengan dan kakinya gagal berkembang. 

"Dari usia enam bulan, dia belajar bagaimana untuk duduk. Dia tidak belajar bagaimana merangkak," kata ibunya, Fadi.

Meskipun terus melakukan konsultasi medis, kondisi Rahma belum bisa didiagnosis. "Kami sudah 15 tahun mencari obatnya. Hanya Tuhan yang tahu apa yang sudah kami usahakan. Saya rela menghabiskan semua yang saya miliki," ujar ayahnya, Hussaini.

Baskom plastik itu menemani Rahma ke mana-mana. Seorang wartawan lokal, Ibrahim Jigri tergerak hatinya memberikan kursi roda tahun lalu. Jadi, kini, keluarganya membawa Rahma dengan baskom, kemudian didorong dengan kursi roda.

Adiknya, Fahad, sering membawa, mendorong dan menemani Rahma. "Saya membantunya dalam banyak cara, semampu yang bisa saya lakukan," tuturnya.

TAK ada gurat duka di wajahnya. Meski kondisinya sangat sulit untuk digambarkan dengan kata-kata, tatapannya penuh harapan..menyimpan banyak impian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News