Kisah Iis dan Suwanti yang Merasakan Manfaat Banpres untuk UMKM

Kisah Iis dan Suwanti yang Merasakan Manfaat Banpres untuk UMKM
Penyaluran banpres kepada warga. Foto: Humas Bulog

jpnn.com, JAKARTA - Dua pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merasakan betul manfaat Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta.

Satu di antaranya dirasakan Iis Suminar, pelaku UMKM yang bergerak di bidang kuliner. Sehari-hari Iis berjualan gado-gado di daerah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut Iis, Banpres untuk pelaku UMKM digunakan untuk membuat meja, sehingga memperluas tempat usaha. Selain gado-gado, kini Iis bisa berjualan aneka gorengan.

Iis mengungkapkan itu saat menghadiri diskusi daring yang digelar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (9/11).

"Bersyukur banget mendapatkan bantuan UMKM. Saya bisa memperlebar tempat atau meja buat usaha tambahan. Saya menambahkan usaha gorengan," ungkap dia dalam diskusi daring yang disiarkan akun Youtube FMB9ID_IKP.

Lebih lanjut, kata Iis, usaha berjualan gado-gado sangat terdampak selama pandemi. Dia pun merasa sangat kesulitan sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penularan Covid-19.

Namun, kata dia, masa sulit mulai terlewati setelah muncul pelonggaran PSBB. Terlebih lagi, muncul Banpres Produktif sebesar Rp 2,4 juta.

"Alhamdulillah. Sekarang (usaha) semakin maju," ujar dia.

Dua pelaku UMKM merasakan betul manfaat Bantuan Presiden Produktif atau BLT sebesar Rp 2,4 juta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News