Kisah Produser U2 Jualan CD di KFC Indonesia

Kisah Produser U2 Jualan CD di KFC Indonesia
Steve Lillywhite. Foto: Cole Wilson/The New York Times

jpnn.com - Mungkin Anda tidak pernah terpikir untuk bertanya siapa sih di balik CD musik yang dijual di setiap gerai Kentucky Fried Chicken (KFC) di Indonesia. Padahal, jika Anda akan menemukan jawaban yang sangat mencengangkan jika melakukan hal itu.

Dia adalah Steve Lillywhite, warga negara Inggris yang menjabat sebagai chief executive Jagonya Music & Sport Indonesia. Tapi bukan di situ bagian mencengangkannya.

Kalau ditelusuri lebih jauh maka Anda akan menemukan bahwa Lillywhite pernah memproduseri sejumlah album band rock terbesar dunia U2 dan Rolling Stones. Dia juga peraih enam Grammy sebagai produser.

Lalu bagaimana ceritanya pria berambut putih ini bisa beralih dari tukang poles lagu dewa-dewa rock 'n roll jadi penjual CD untuk waralaba makanan cepat saji di Indonesia?

Perjalanan Lillywhite ke Indonesia bermula enam tahun yang lalu saat menjadi pembicara di festival musik di Singapura. Di sana dia bertemu orang yang kemudian mengundangnya menjadi produser band Noah.

Saat mengunjungi Indonesia dan bekerja sama dengan Noah, Lillywhite jatuh cinta. ”Saya cinta negeri itu,” katanya saat di wawancarai di Electric Lady Studios di Manhattan, AS, sambil mendengarkan lagu U2 yang dia produseri.

”Saya suka makanannya, orang-orangnya, dan cara mereka melihat musik sebagai pengalaman. Saya sangat bersemangat,” tambahnya.

”Saya membayangkan hanya akan tinggal setahun saja. Semua tidak direncanakan."

Mungkin Anda tidak pernah terpikir untuk bertanya siapa sih di balik CD musik yang dijual di setiap gerai Kentucky Fried Chicken (KFC) di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News