Kita Nggak Main-main

Kita Nggak Main-main
Haryono Umar. Foto: dok.JPNN
MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh sudah menyampaikan hasil investigasi yang dilakukan tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemdikbud terkait kisruh pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SMA sederajat.

Setidaknya ada empat penyebab utama mengapa UN di 11 provinsi di Indonesia Tengah ditunda. Tapi sayangnya hanya satu rekomendasi sanksi yang dikemukakan M Nuh kepada publik.

Rekomendasi sanksi itu adalah meminta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro mengundurkan diri dari jabatannya. Apakah hanya satu rekomendasi ini yang dihasilkan Itjen yang dipimpin Haryono Umar, mantan pimpinan KPK, itu?

Bagaimana dengan pejabat terkait lain seperti kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku pihak yang paling bertanggung jawab atas pelaksanaan UN? Bagaimana panitia lelang? Lalu apakah rekomendasi itu meminta Kabalitbang mundur atau diberhentikan?

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh sudah menyampaikan hasil investigasi yang dilakukan tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemdikbud terkait

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News