KKB Diperkirakan Sedang Bergerak ke Kampung, Pasukan TNI-Polri Diminta Siaga

KKB Diperkirakan Sedang Bergerak ke Kampung, Pasukan TNI-Polri Diminta Siaga
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri. Foto: ANTARA/Evarukdijati

jpnn.com, JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang selama ini berulah di sekitar Kabupaten Puncak, Papua, diperkirakan memiliki 70 pucuk senjata api berbagai jenis.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan, sebagian senjata api KKB tersebut diperoleh dari hasil rampasan personel TNI-Polri.

“Sedangkan jumlah anggota KKB beserta simpatisannya sekitar 150 orang,” kata Irjen Pol Fakhiri di Jayapura, Jumat (21/5).

Irjen Fakhiri mengatakan, saat ini kegiatan penegakan hukum di Kabupaten Puncak dilakukan di beberapa titik yang merupakan markas dari kelompok tersebut.

Kampung Makki saat ini sudah bisa dijangkau dan anggota TNI-Polri melakukan penggeledahan sehingga KKB bergeser.

Karena itu, personel TNI-Polri yang ada di Kabupaten Puncak Jaya diminta waspada dan bersiaga karena KKB diperkirakan menuju ke kampung yang ada di wilayah tersebut.

"Saya dan Pangdam XVII Cenderawasih sudah membahasnya dan meminta semuanya bersiaga,” ucap Fakhiri.

Dikatakan, khusus untuk jajaran Polda Papua sudah dikeluarkan instruksi kepada semua personel yang bertugas di daerah rawan untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

Selain itu anggota berupaya memisahkan kelompok KKB dengan warga sipil yang ada di beberapa wilayah di Kabupaten Puncak.

“KKB yang berada di sekitar Ilaga berasal dari Puncak Jaya, Pilia, Sugapa, Paniai, Kuyawage dan Lanny Jaya,” jelas Irjen Pol Fakhiri. (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri membeber perkiraan kekuatan dan jumlah senjata KKB.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News