KKB Sandera Ribuan Warga, DPR Usul Bentuk Tim Pencari Fakta

KKB Sandera Ribuan Warga, DPR Usul Bentuk Tim Pencari Fakta
Anggota DPR RI Jimmy Demianus Ijie. Foto: DPR

jpnn.com, TEMBAGAPURA - Anggota DPR RI Jimmy Demianus Ijie mengusulkan pembentukan tim pencari fakta (TPF) terkait penyaderaan 1.300 warga sipil di Tembagapura, Papua, oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Dia menambahkan, sumber senjata yang kini dipegang anggota KKB untuk menyandera ribuan warga Desa Kimbely dan Desa Banti harus dicermati dengan bijak.

"Perlu amati dengan saksama, apakah itu senjata rampasan atau ada yang justru memasok senjatanya. Karena itu, saya usulkan dibentuk tim pencari fakta," kata Jimmy dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto dengan agenda Pembukaan Masa Sidang II TS 2017-2018 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (15/11).

Politikus dari dapil Papua Barat itu menuturkan, Organisasi Papua Merdeka (OPM) sering disalahkan ketika terjadi kerusuhan di Papua.

Padahal, sambung Jimmy, bukan rahasia lagi bahwa Papua adalah tempat untuk mendapatkan pangkat dan jabatan bagi oknum yang berkepentingan.

“Ada OPM yang benar-benar OPM dan ada OPM bentukan sekadar untuk mendapatkan pangkat. Mari kita cari fakta. Sekali lagi, jangan hanya lihat Papua dari koran, televisi dan radio. Mari kita datang ke sana supaya dapat gambaran yang sebenarnya," tegas politikus dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Dia mengaku setuju dengan tindakan terhadap oknum yang ingin memisahkan Papua dari Indonesia.

“Namun, jangan sampai di balik alasan-alasan itu lalu kita membenarkan semua cara. Mari kita bentuk tim pencari fakta dengan baik dan benar. Kita temukan benarkah senjata-senjata ini rampasan atau tidak," tandasnya. (jpnn)


Anggota DPR RI Jimmy Demianus Ijie mengusulkan pembentukan tim pencari fakta (TPF) terkait penyaderaan 1.300 warga sipil di Tembagapura


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News