Klaim Job Fair Kurangi 20 Persen Pengangguran

Klaim Job Fair Kurangi 20 Persen Pengangguran
Ilustrasi job fair. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, MAKASSAR - Dinas Ketenagakerjaan Makassar menyebut job fair atau bursa kerja mampu menyerap sekitar 20 persen dari 71.426 pengangguran di Makassar atau sekitar 14.285 orang.

Angka penyerapan tenaga kerja tersebut hanya dari job fair yang berlangsung di Mal Phinisi Point, Rabu-Kamis, 27-28 September, saja.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Makassar, Irwan Bangsawan, mengatakan, melihat antusiasme pencari kerja, dia optimis job fair kedua tahun 2017 ini mampu menyerap 20 persen dari 71.426 pengangguran.

"Untuk lebih memaksimalkan ke depannya, tahun depan kita akan padatkan lagi. Minimal tiga kali dalam setahun," katanya, seperti dilaporkan FAJAR (Jawa Pos Group).

Irwan menilai kegiatan ini sangat produktif untuk mengurangi pengangguran di Makassar. Tahun depan, akan lebih selektif mendorong atau kerja sama dengan perusahaan BUMN dan multinasional untuk jadi peserta. "Kita juga mau ke depannya, posisi-posisi strategis lebih dominan," terangnya.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menilai job fair solusi mengentaskan pengangguran di Kota Makassar.

"Job fair salah satu ruang yang disediakan pemkot untuk mempertemukan pencari kerja dan penyedia lapangan kerja," tutur Danny saat menghadiri kegiatan itu, Kamis, 28 September.

Berdasarkan data yang dihimpun FAJAR, hari pertama job fair, 3.024 pelamar kerja hadir. Hari kedua, hingga pukul 12.00 Wita, ada 1.050 pelamar kerja. (sal/kas)


Melihat antusiasme pencari kerja, optimistis job fair kedua tahun 2017 ini mampu mengurangi 20 persen dari jumlah pengangguran.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News