JPNN.com

Klarifikasi Luhut Binsar Panjaitan soal Amplop Untuk Kiai

Jumat, 05 April 2019 – 12:56 WIB
Klarifikasi Luhut Binsar Panjaitan soal Amplop Untuk Kiai - JPNN.com
Luhut Binsar Panjaitan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan akhirnya memberikan klarifikasi soal isu pemberian amplop yang diduga terkait pemilu kepada seorang pengasuh pondok pesantren.

Luhut mengaku berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Cholil Bangkalan, Madura, 30 Maret lalu dalam rangka menjalin silaturahmi. Dia mengatakan, sengaja menjenguk pengasuh Pesantren Nurul Cholil KH. Zubair Muntasor yang sedang memiliki masalah kesehatan.

"Tentu hal ini tidak patut saya ceritakan ke publik secara lebih mendetail karena privasi beliau," tutur Luhut dalam klarifikasi resmi yang dikutip RMOL, Jumat (5/4).

Sebagai tamu yang dijamu dan disambut dengan hangat, Luhut mengaku hanya bisa membalas dengan memberi bisyaroh (tanda terima kasih) sekadarnya untuk membantu pengobatan sang kiai.

(Baca Juga: PKS Desak Bawaslu Segera Garap Pak Luhut soal Amplop ke Kiai)

"Saya pun lebih dulu diberi oleh-oleh berupa batik dan batu akik. Begitulah tradisi yang kami lakukan untuk menjaga tali silaturahmi," ungkapnya.

Dan dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 15 menit, Luhut menitipkan pesan agar jangan sampai ada umat atau santri yang golongan putih (golput) pada Pemilu 2019.

"Saya menyesalkan adanya pihak-pihak yang mengatakan telah terjadi jual beli suara dalam pertemuan tersebut. Bagi saya, fitnah yang keji itu mencoreng kehormatan terutamanya KH. Zubair Muntasor dan pondok pesantren yang diasuhnya," ujar Luhut.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek