Klarifikasi Menkes Budi Soal Orang yang Telah Divaksinasi Bebas Naik Pesawat

Klarifikasi Menkes Budi Soal Orang yang Telah Divaksinasi Bebas Naik Pesawat
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS) angkat bicara soal polemik orang yang telah mendapat vaksinasi Covid-19 bisa bebas menumpangi pesawat dan bepergian di Indonesia.

BGS mengaku pernah mengatakan hal tersebut setelah dilantik sebagai menkes.

"Terus terang, saya pernah mengucapkan itu di awal pertama kali jadi menkes," kata Budi di dalam rapat kerja antarlembaga dengan Komisi IX tentang Evaluasi Penanganan Covid-19 Setahun di gedung DPR, Jakarta, Senin (15/3).

Namun, kata BGS, terdapat perdebatan di kalangan ahli epidemiologi setelah dirinya memperbolehkan orang yang telah divaksin bisa bepergian.

Menurut BGS, tidak sedikit ahli epidemiologi yang menolak langkah itu. Para ahli yang menolak itu meyakini seseorang belum tentu terbebas dari Covid-19, meskipun telah divaksinasi.

"Jadi, masih banyak teman-teman ahli epidemiologi yang menyarakan, kalau mau konservatif, sebaiknya jangan dahulu," ujar mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

Budi menekankan, pihaknya tidak lantas membatalkan kebijakan memperbolehkan orang yang telah divaksinasi bepergian, ketika terdapat silang pendapat di kalangan ahli epidemiologi.

Menurut dia, kebijakan itu bisa dilakukan setelah angka vaksinasi sudah menyentuh angka 30 hingga 40 persen populasi.

Menkes Budi angkat bicara soal orang yang telah divaksinasi bebas menumpangi pesawat dan bepergian di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News