KLHK Alokasikan Rp 1 Triliun Untuk Bantu Masyarakat Kena Dampak Corona

KLHK Alokasikan Rp 1 Triliun Untuk Bantu Masyarakat Kena Dampak Corona
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar saat rapat virtual dengan Komisi IV DPR, Rabu (15/4) kemarin. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,01 triliun untuk mendukung program bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak virus corona.

Anggaran tersebut khususnya ditujukan untuk kelompok tani hutan dan kelompok perhutanan sosial, serta petugas yang mengabdi di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, alokasi ini merupakan hasil dari refocusing kegiatan dan realokasi anggaran yang mendapat dukungan dari Komisi IV DPR RI.

Refocusing kegiatan dan realokasi anggaran ini sebagai tindak lanjut atas Inpres Nomor 4 Tahun 2020 dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19 dan Perpres Nomor 54 tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2020.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan dan anggota Komisi IV DPR RI atas kerja sama yang baik dan dukungan kepada KLHK dalam upaya meningkatkan kinerja KLHK, terutama pada situasi pandemi corona ini," ujar Menteri Siti Nurbaya dalam keterangannya, Kamis (16/4).

Dalam rapat kerja virtual bersama Komisi IV DPR RI pada Rabu (15/4) kemarin, Menteri Siti menjelaskan bahwa orientasi refocusing anggaran KLHK menitikberatkan pada beberapa hal prioritas.

Di antaranya keselamatan mengatasi penyebaran pandemi, keberlanjutan usaha ekonomi kehutanan, konservasi, dan hutan sosial. Kemudian, kegiatan padat karya, stimulus ekonomi, keberlanjutan pelayanan publik dan target group pembinaan KLHK seperti Masyarakat Peduli Api (MPA) serta Mitra Konservasi.

“Anggaran hasil refocusing dialokasikan untuk menambah kegiatan berbasis masyarakat, serta untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang terdampak COVID-19," jelas Menteri Siti.

Untuk mendukung program prioritas nasional, KLHK fokus pada pengentasan kemiskinan melalui kegiatan agraria dan perhutanan sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News