KM Wihan Sejahtera Tenggelam, KRI Warakas TNI AL Evakuasi Penumpang

KM Wihan Sejahtera Tenggelam, KRI Warakas TNI AL Evakuasi Penumpang
Tampak KM Wihan Sejahtera tenggelam di Perairan Teluk Lamong, Surabaya, Senin (16/11). Sebanyak 153 penumpang berhasil diselamatkan. FOTO: Dispen Koarmatim for JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA - Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) mengerahkan KRI Warakas-816 dari jajaran Satrol Koarmatim dalam SAR KM. Wihan Sejahtera yang tenggelam di Perairan Teluk Lamong, Surabaya, Senin (16/11).

Tenggelamnya KM. Wihan Sejahtera, kapal angkut jenis Ro-Ro, bermula saat kapal tersebut keluar dari Dermaga Jamrud Tanjung Perak menuju Ende, Nusa Tenggara Timur pada pukul 09.00 WIB. Dari daftar manivest diketahui bahwa kapal tersebut membawa 153 orang.

Pada pukul 09.30 WIB, saat kapal akan keluar Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), kru kapal melihat kapal tersebut bocor dan langsung melaporkan ke Syahbandar. Dengan situasi demikian, diputuskan kapal kembali ke Pelabuhan Surabaya untuk melaksanakan perbaikan dengan dipandu Syahbandar, Kepanduan Surabaya dan Polair Polda Jawa Timur.

Namun baru sampai di Perairan Teluk Lamong atau berada di sekitar Buoy 9 APBS, kapal tersebut tambah miring dan akhirnya karam pada pukul 09.50 WIB. Selanjutnya petugas yang mengawal meminta bantuan kepada Basarnas untuk mengevakuasi korban.

Korban penumpang yang berhasil dievakuasi saat ini berada Dermaga Jamrud Utara untuk dilaksanakan pengecekan, dan penumpang yang mengalami luka dibawa ke RS. PHC Surabaya untuk menjalani pengobatan.

Reka Yusmara Mardiputra Humas Terminal Teluk Lamong membenarkan tenggelamnya KM. Wihan Sejahtera yang termasuk kapal penumpang ini.

“Memang kami dapat informasi ada yang tercebur ke laut. Kondisi selanjutnya kami belum tahu. Kami juga akan bantu sebisa mungkin,” kata Reka seperti siaran pers Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman.

Selain melibatkan Koarmatim, TNI Angkatan Laut juga melibatkan unsur Satroltas Lantamal V Surabaya dalam melakukan SAR dengan menerjunkan beberapa Patkamla yang dimiliki.(fri/jpnn)

SURABAYA - Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) mengerahkan KRI Warakas-816 dari jajaran Satrol Koarmatim dalam SAR KM. Wihan Sejahtera yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News