KNKT Keluarkan 29 Rekomendasi Kecelakaan Kapal Sinar Bangun

KNKT Keluarkan 29 Rekomendasi Kecelakaan Kapal Sinar Bangun
Petugas Basarnas saat berusaha mencari korban KM Sinar Bangun beberapa waktu lalu. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) saat ini tengah melakukan investigasi kecelakaan pelayaran tenggelamnya kapal Sinar Bangun 4 di Danau Toba, pada 18 Juni lalu.

"KNKT telah melakukan pengumpulan informasi, dokumen dan wawancara dengan awak kapal Sinar Bangun 4, saksi-saksi, dan pihak terkait lainnya," ujar Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono.

Berdasarkan temuan awal, kata Soerjanto, KNKT menemukan kondisi-kondisi bahaya (hazard) yang sangat signifikan pada saat operasional kapal angkutan penumpang di Danau Toba.

"KNKT perlu segera menyampaikan rekomendasi keselamatan, mengingat kondisi-kondisi bahaya tersebut masih ada hingga saat ini dan diharapkan bisa dilakukan mitigasi agar kecelakaan dengan penyebab yang sama tidak terulang kembali," tegas dia.

Dari temuan-temuan di lapangan, KNKT menyampaikan 29 rekomendasi keselamatan yang ditujukan kepada regulator dan operator kapal-kapal penumpang tradisional di Danau Toba.(chi/jpnn)


KNKT menemukan kondisi-kondisi bahaya (hazard) yang sangat signifikan pada saat operasional kapal angkutan penumpang di Danau Toba.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News