KNPI Jawa Timur Desak Pemerintah Selesaikan UU Terorisme

KNPI Jawa Timur Desak Pemerintah Selesaikan UU Terorisme
KNPI. Website KNPI

jpnn.com, JAKARTA - Aksi bom bunuh diri yang terjadi di tiga gereja di Surabaya pada Minggu (13/5) pagi, dinilai telah mencederai nilai kemanusian.

Untuk itu, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Timur mendukung pemerintah, dalam hal ini Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Polri mengungkap jaringan serta otak di balik peledakan bom di Surabaya itu.

Menurut Ketua KNPI Jawa Timur, Mochammad Nur Arifin, aksi terorisme itu bukan ajaran agama dan tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan kepada pemeluknya.

''Segala bentuk tindakan kekerasan, apalagi yang mengatasnamakan agama dengan cara menebarkan teror dan kebencian bukanlah ciri ajaran Islam yang rahmatan lil alamin. Bahkan tidak ada satu pun agama di dunia ini yang membenarkan cara-cara kekerasan dalam kehidupan," kata Mochammad Nur Arifin dalam siaran tertulisnya, Senin (14/5).

''Kami minta aparat bertindak cepat dalam menangani kasus ini, memberikan jaminan keamanan dan rasa aman kepada masyarakat. KNPI mendukung langkah tegas pemerintah memerangi aksi terorisme. Semua OKP pemuda siap dilibatkan secara terpadu, mengingat pasca-ledakan di Gereja masih ada serangan susulan di Sidoarjo dan pagi ini di Mapolrestabes Surabaya," lanjutnya.

Arifin yang juga Wakil Ketua GP Ansor Jawa Timur ini meminta pemerintah melakukan koreksi terkait kebijakan anti-terorisme yang terbukti tidak efektif dalam pencegahan dan penanggulangan aksi kejahatan terorisme, termasuk menyelesaikan Rancangan Undang Undang Terorisme menjadi Undang Undang.

''Undang-Undang Terorisme perlu segera dituntaskan karena akan menjadi payung hukum penting bagi pemangku kepentingan yang akan terlibat mencegah terorisme dan radikalisme," jelas Arifin.

Plt Bupati Trenggalek, Jawa Timur ini juga mengajak kepada seluruh pemerintah daerah, khususnya di Jawa Timur serta aparat kepolisian agar lebih proaktif memulihkan dan menjaga serta menjamin terciptanya kerukunan antar umat beragama di Jawa Timur.

KNPI Jawa Timur mendukung langkah tegas pemerintah dalam memerangi para teroris yang meresahkan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News