Rabu, 21 Februari 2018 – 04:18 WIB

Koalisi Nasionalis-Santri, TGB Berpotensi Dampingi Jokowi

Minggu, 11 Februari 2018 – 22:21 WIB
Koalisi Nasionalis-Santri, TGB Berpotensi Dampingi Jokowi - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Nusa Tenggara Barat M. Zainul Majdi dinilai memiliki potensi sebagai kandidat calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019.

Sebagai tokoh Islam, pria yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) ini dinilai akan saling melengkapi jika Jokowi terpilih jadi Presiden di periode berikutnya.

Direktur Eksekutif EmrusCorner Emrus Sihombing memprediksi potensi TGB untuk jadi cawapres cukup besar, terutama untuk merebut suara pemilih di luar pulau Jawa.

"Kalau dikalkulasikan jumlah pemilih di pulau Jawa ada 60%. Suara luar Jawa akan jadi penentu kemenangan bagi Jokowi," kata Emrus dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (11/2).

Menurut Emrus, selain dikenal sebagai tokoh agama, TGB juga dinilai memliki latar belakang sebagai santri moderat.

"Saya melihat Jokowi tengah mempertimbangkan tokoh santri yang cinta NKRI," ucapnya.

Di tempat yang sama, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Independen Nusantara (LSIN) Yasin Mohammad berpendapat, cawapres dari kalangan santri dianggap cocok dan ideal bagi Jokowi yang akan maju kembali pada Pilpres mendatang.

Menurut dia, cawapres santri akan memudahkan Jokowi menutup isu-isu negatif, seperti yang terjadi pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar