Kobar Panen Rumput Laut

Kobar Panen Rumput Laut
Kobar Panen Rumput Laut
PANGKALAN BUN – Budidaya rumput laut yang dikembangkan di Kabupaten Kobar mencapai hasil maksimal. Dalam panen perdana yang dipimpin langsung Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang, rumput laut made ini Kobar menghasilkan 60 ton. Bahkan keberhasilan budidaya rumput laut ini yang pertama di Kalteng.

Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang mengungkapkan keberhasilan budidaya rumput laut tersebut hingga sampai pada panen adalah merupakan berkat kerjasama semua pihak. Baik itu pemkab, pemprov maupun masyarakat nelayan yang ada dipesisir pantai. Tanpa adanya kerja sama budidaya ini tidak akan berhasil.

“Budidaya rumput laut ini tidak akan bermakna apa-apa jika tidak ada yang membeli. Untuk itu kedepan saya selaku gubernur akan mencarikan pembelinya sehingga kebersamaan, dan kerja sama yang baik ini, akan membawa kepada kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Bupati Kobar Ujang Iskandar mengatakan geografis Kabupaten Kobar yang memiliki garis pantai sepanjang 156 kilometer dengan luas 1.250 kilometer merupakan kawasan pesisir laut yang sangat potensial untuk pengembangan usaha tangkap maupun budidaya. “Saat ini potensi pengembangan rumput laut di Kabupaten Kobar seluas 500 hektare yang tersebar di dua kecamatan yaitu Arsel dan Kumai, dan dibagi menjadi dua wilayah yaitu timur dan Barat.

Wilayah Barat terdiri dari 5 desa yakni Kubu, Sungai Bakau, Teluk Bogam, Keraya, dan Sebuai. Sementara wilayah timur terdiri dari teluk Pulai, dan desa Sungai cabang timur. Khusus di desa teluk Bogam sampai dengan awal tahun 2010 produksi yang sudah dihasilkan sebanyak 75 ton,” ungkap bupati.

PANGKALAN BUN – Budidaya rumput laut yang dikembangkan di Kabupaten Kobar mencapai hasil maksimal. Dalam panen perdana yang dipimpin langsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News