Kobo Luncurkan E-Reader Terbaru

Kobo Luncurkan E-Reader Terbaru
Foto: Techradar.com

jpnn.com - SAN FRANSISCO - Perusahaan elektronik Kobo meluncurkan e-reader sebagai pembaca buku elektronik dengan fitur layar depan yang benar-benar datar. Model yang diberi nama Aura bakal bersaing langsung dengan Kindle Paperwhite dari Amazon dan Nook Simple Touch milik Barnes & Noble.

Aura model baru dilepas ke pasar dengan harga USD 150 atau sekitar Rp 1,5 juta. Harga itu memang lebih mahal dari Paperwhite yang dijual Amazon dengan harga USD 119 atau Rp 1,1 juta.

Menurut digitaltrends, Rabu (28/8), Kobo meluncurkan Aura ketika pasar pembaca buku elektronik mengecil di tengah serbuan komputer tablet yang harganya terus turun dalam beberapa waktu terakhir. Perusahaan konsultansi Gartner mengatakan, pasar e-reader mencapai puncaknya pada 2011 ketika para produsen piranti ini berhasil menjual 23 juta unit.

Sejak itu, angka penjualan e-reader menurun dan diperkirakan tidak akan melewati angka 16 juta unit pada tahun 2013 ini. "Penurunan penjualan e-reader bukan karena konsumen tidak lagi tertarik membeli piranti ini, tapi lebih disebabkan karena mereka membaca buku elektronik di perangkat lain," kata Hugues De La Vergne, analis di Gartner.

Gartner memperkirakan pada 2017 penjualan e-reader di seluruh dunia berada di kisaran 10 juta unit. Konsumen sepertinya lebih memilih tablet yang memungkinkan piranti itu tidak hanya dimanfaatkan untuk membaca buku elektronik tetapi juga mengakses email, internet, sekaligus menjalankan aneka aplikasi.

Sementara mereka yang masih setia dengan e-reader beralasan bahwa piranti ini lebih enak dibaca berkat teknologi e-ink  yang memungkinkan tampilan di layar mirip dengan halaman buku konvensional. Selain itu, alat tersebut juga memiliki daya tahan baterai yang jauh lebih lama.

Kobo rencananya akan meluncurkan tiga tablet baru pada 16 Oktober, yakni Kobo Arc 10HD , Kobo Arc 7HD , dan Kobo Arc 7. Semua produk Kobo itu menggunakan sistem operasi OS Android 4.2.2 Jelly Bean dengan layar 6 inch. (esy/jpnn)

 


Berita Selanjutnya:
Yahoo Akuisisi IQ Engines

SAN FRANSISCO - Perusahaan elektronik Kobo meluncurkan e-reader sebagai pembaca buku elektronik dengan fitur layar depan yang benar-benar datar.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News