Kodim Makassar Kerahkan Tank Tempur Ambulans Agar Warga Mau Divaksin

Kodim Makassar Kerahkan Tank Tempur Ambulans Agar Warga Mau Divaksin
Suasana vaksinasi COVID-19 di dalam tank tempur ambulans di halaman kantor Kodim 1408/BS Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (24/8). Foto: Antara

jpnn.com, MAKASSAR - Kodim 1408/BS Makassar, Sulawesi Selatan, melaksanakan vaksinasi COVID-19 dengan memanfaatkan tank tempur ambulans sebagai tempat vaksinasi bagi warga setempat.

Komandan Kodim 1408/BS Makassar Kolonel Kav Dwi Irbaya mengatakan cara ini untuk menarik perhatian masyarakat agar mau divaksinasi.

"Sekaligus memanfaatkan momen bisa melihat langsung kendaraan taktis milik TNI," ujar Kolonel Dwi Irbaya di Makassar, Selasa.

Dia menjelaskan tank ambulans itu biasa digunakan di medan peran untuk mengevakuasi prajurit yang terluka saat perang berlangsung.

Namun demi merangsang minat masyarakat agar mau divaksin, mobil tank ambulans pun dikeluarkan sekaligus rangkaian perayaan HUT ke-76 RI.

Mobil tank ambulans tersebut jenis AMX 13 VCTB merupakan tank ambulans pertama di Indonesia dilengkapi dengan peralatan medis darurat serta tim kavaleri TNI AD.

Tank ambulans ini masuk sebagai kategori kendaraan khusus lapis baja.

Mengenai dosis vaksin yang disediakan pada vaksin tahap pertama, kata Kolonel Dwi, sebanyak 500 dosis. Selanjutnya pada tahap dua, disiapkan 600 dosis, dengan jenis vaksin Sinovac.

Kodim Makassar melaksanakan vaksinasi COVID-19 dengan memanfaatkan tank tempur ambulans sebagai tempat vaksinasi bagi warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News