Kolaborasi Global Pupuk Indonesia & ACWA Power Dukung Target NZE Indonesia

Kolaborasi Global Pupuk Indonesia & ACWA Power Dukung Target NZE Indonesia
PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama PT PLN (Persero) dan ACWA Power menandatangani Joint Development Agreement (JDA) untuk pengembangan ekosistem green hydrogen dan green ammonia di kawasan industri Petrokimia Gresik. Foto: dok PI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi mengungkapkan pihaknya terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Net Zero Emission (NZE) pemerintah Indonesia.

Salah satunya, diwujudkan lewat kerja sama global antara PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama PT PLN (Persero) dan ACWA Power.

Kedua belah pihak menandatangani Joint Development Agreement (JDA) untuk pengembangan ekosistem green hydrogen dan green ammonia di kawasan industri Petrokimia Gresik.

Kerja sama ini ditandatangani bersamaan dengan perhelatan COP28 atau konferensi tingkat tinggi PBB terkait perubahan iklim dunia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (3/12/2023).

Rahmad menyebut kerja sama ini merupakan tindak lanjut atas Joint Development Study Agreement (JDSA) atau studi pengembangan bersama green hydrogen dan green ammonia yang diteken pada Juli 2023. Dalam studi tersebut, ketiga belah pihak telah mengumpulkan berbagai data, informasi, serta kunjungan lapangan untuk mempersiapkan langkah lebih lanjut.

“Ini adalah sebuah kolaborasi global untuk mendukung penurunan emisi karbon melalui pengembangan green hydrogen dan green ammonia. Proyek ini akan mendorong iklim investasi dan pengembangan ekosistem energi hijau di Indonesia, sekaligus mendukung pancapaian target NZE pemerintah,” jelas Rahmad.

Pada kerja sama ini, Pupuk Indonesia bersama PLN dan ACWA Power akan membentuk sebuah perusahaan joint-venture (JV) dengan ACWA Power sebagai koordinator. Perusahaan patungan ini akan menjalankan proyek, termasuk pemilihan kontraktor EPC (Engineering, Procurement, & Construction) hingga penjualan green ammonia untuk pasar domestik maupun mancanegara.

ACWA Power adalah investor dan operator pembangkit listrik asal Arab Saudi yang telah beroperasi di 13 negara. Saat ini ACWA Power sedang menggarap proyek green hydrogen terbesar di dunia pada megaproyek Neom milik kerajaan Arab Saudi.

Pupuk Indonesia terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Net Zero Emission (NZE) Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News