Koleksi Uang Kuno, Serasa Genggam Dunia

Koleksi Uang Kuno, Serasa Genggam Dunia
Helmalia Putri
JAKARTA - Artis cantik Helmalia Putri punya koleksi uang kuno. Dengan koleksi yang didapat dari berbagai negara di dunia itu, Putri merasa seolah menggenggam dunia. Menurut dia, uang bisa mewakili histori sebuah negara. Terlebih uang kuno karena bernilai tinggi akan sejarah bangsanya.

 ’’Memandangi uang kuno ini bisa membuat saya merasa ada di negaranya. Misalnya, saya kan belum pernah ke Jepang. Tapi, saya punya uang kuno dari sana. Saya perhatikan uangnya, saya merasa di Jepang,’’ ungkapnya saat memperlihatkan beberapa koleksinya di lokasi syuting acara Puan di Astro Oasis, Bangka, Jakarta Selatan.

 Selain uang kuno dari Jepang, Putri punya uang kuno dari Inggris, Jerman, dan beberapa negara lainnya. Dari Indonesia, perempuan kelahiran Banda Aceh, 13 April 1983, itu memiliki uang kertas bergambar Gatot Kaca senilai Rp 10. ’’Aku lupa itu uang tahun berapa. Aku juga punya uang gambar Pangeran Diponegoro. Nilainya masih berapa sen gitu,’’ ujar pemain sinetron Melodi Cinta itu.

 Total, Putri memiliki sekitar 100 jenis koleksi uang kuno. Seluruhnya disimpan di dua kotak, dipisah antara uang koin dan uang kertas. ’’Kotaknya itu dikasih silica gel supaya tidak lembab, terus disimpan di lemari. Aku tidak memajangnya karena selain banyak, takut rusak,’’ ulasnya.

 Untuk uang dari luar negeri, selain berburu sendiri, mayoritas diberi orang lain yang mengetahui Putri mengoleksi dan berburu di tempat benda kuno di Indonesia. ”Dulu aku sempat tinggal di Bangka Belitung, enam tahun. Di sana ada tempat khusus barang kuno. Kebetulan, dulu itu ibuku suka hunting barang antik. Nah, aku cari-cari uang kuno,” kisahnya.

 Putri mengatakan, hobi mengoleksi uang kuno sejak masih SD. Menurut dia, entah mengapa, ketika melihat barang antik seperti itu, dirinya langsung tertarik. ”Yang pasti dengan uang kuno seakan-akan aku menggenggam dunia,” ucapnya. (gen/ayi)
Berita Selanjutnya:
Best Friend Pengobat Rindu

JAKARTA - Artis cantik Helmalia Putri punya koleksi uang kuno. Dengan koleksi yang didapat dari berbagai negara di dunia itu, Putri merasa seolah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News