Komandan Lantamal V Salat Ied Bersama Prajurit dan Warga Cefi

Komandan Lantamal V Salat Ied Bersama Prajurit dan Warga Cefi
Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto bersama prajurit dan PNS Lantamal V, melaksanakan Salat Idulfitri 1 Syawal 1438 H/2017 M di Lapangan Apel Markas Lantamal V, Surabaya, Minggu (25/6). Foto: Lantamal V

jpnn.com, SURABAYA - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V (Lantamal V) Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto bersama prajurit dan PNS Lantamal V, melaksanakan Salat Idulfitri 1 Syawal 1438 Hijriyah/2017 Masehi di Lapangan Apel Denma Mako Lantamal V, Surabaya pada Minggu pagi (25/6).

Pada pelaksanaan Salat Idulfitri atau Salat Ied tahun ini, turut hadir mantan Danlantamal V Laksma TNI (Pur) Sumadi beserta keluarga, Dandenma beserta Kadisminpers Lantamal V selaku panitia Salat Ied. Hadir pula Ketua Korcab V DJAT Ny. Herniwati Edi Sucipto dan segenap warga perumahan Cefi yang terletak di sekitar wilayah Mako Lantamal V.

Menurut keterangan pers Dinas Penerangan Lantamal V, tepat pukul 06.00 WIB, Salat Ied pun diawali dengan takbir sebanyak tujuh kali pada rokaat pertama dan lima kali takbir pada rokaat kedua.

Selanjutnya seluruh jemaah mendapatkan pencerahan rohani melalui ceramah agama yang disampaikan oleh Letkol Laut (KH) Chumaidi selaku imam dan khotib pada Salat Idulfitri 1438 H/ 2017 M.

Dalam ceramahnya, Chumaidi- sapaan karib sang khotib ini mengangkat tema tentang Rasa ikhlas dan sikap peduli yang diterapkan saat bulan Ramadan maupun sesudahnya. Sebab pada prinsipnya bulan suci Ramadan mendidik setiap mukmin untuk senantiasa berbuat dan bertindak dengan ikhlas, semua karena Allah bukan untuk yang lain.

Tentang sikap ikhlas yang dimaksud, dia pun menjelaskan bahwa rasa ikhlas akan muncul manakala ada cinta (mahabbah) didalamnya, tanpa cinta kita kepada Allah maka sulit untuk menggapai keikhlasan dalam setiap perbuatan kita.

Dan derajat ikhlas yang paling tinggi menurut khotib yang kesehariaannya berdinas di Subdisbintal Disminpers Koarmatim ini, adalah manakala kita beribadah atau melaksanakan perintah tidak butuh apapun kecuali ridho Allah.

Selanjutnya tentang pelajaran hidup lainnya yang tidak kalah penting yakni rasa peduli terhadap sesama (empati). Dimana saat menjalani ibadah puasa sesungguhnya kita bisa merasakan rasa lapar dan haus yang kerap dirasakan oleh fakir miskin setiap harinya yang tidak jelas kapan dan dengan apa pula mereka berbuka.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V (Lantamal V) Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto bersama prajurit dan PNS Lantamal V, melaksanakan Salat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News