Kombes Iqbal: Pasukan TNI-Polri Sudah Dikirim ke Ilaga, Akan Buru Teroris KKB

Kombes Iqbal: Pasukan TNI-Polri Sudah Dikirim ke Ilaga, Akan Buru Teroris KKB
Pasukan gabungan TNI dan polisi tiba di Ilaga, Kabupaten Puncak, Sabtu (1/5/2021). Foto: ANTARA/HO-Humas Satgas Nemangkawi

jpnn.com, TIMIKA - Kepala Satgas Humas Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan pasukan gabungan TNI dan polisi mulai dikirim ke Ilaga sejak Sabtu (1/5) pagi.

Pasukan gabungan akan bertugas mengamankan kegiatan masyarakat sekaligus memburu kelompok bersenjata yang sekarang telah ditetapkan sebagai kelompok teroris.

"Kehadiran personel gabungan di wilayah Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, sebagai representasi negara di tengah masyarakat maupun pengejaran terhadap KKB yang sekarang ini telah disebut sebagai kelompok teroris," kata dia Iqbal.

Dia menyebutkan bahwa pengiriman pasukan TNI dan polisi ke Ilaga tidak lepas dari makin masifnya kelompok bersenjata menebar teror dan kekerasan terhadap masyarakat maupun aparat keamanan.

Puncak dari gangguan keamanan oleh mereka yaitu yakni dengan gugurnya Kepala BIN Daerah Papua Mayor Jenderal TNI (Anumerta) I Gusti Putu Danny Nugraha Karya di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Minggu (25/4).

Sebelumnya kelompok bersenjata di Papua telah membunuh dua orang guru yang bertugas di Distrik Beoga, dan seorang tukang ojek serta seorang pelajar SMA di Distrik Ilaga.

Terbaru, satu personel Brigade Mobil Kepolisian Indonesia atas nama Bhayangkara Satu (Anumerta) I Komang Wira Natha, juga gugur saat kontak tembak dengan kelompok bersenjata di Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Selasa (27/4).

"Dengan makin masifnya kelompok ini menebar teror maka mendorong pemerintah mengambil sikap tegas dengan mengganti istilah KKB menjadi teroris," kata Alqudusy.

Pasukan gabungan TNI-Polri mulai dikirim ke Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, untuk memburu teroris KKB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News