Kominfo Kembangkan Sinyal 5G di 3 Kota Perintis

Kominfo Kembangkan Sinyal 5G di 3 Kota Perintis
ilustrasi, Logo jaringan 5G. Foto: Network World

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate meluncurkan pengembangan jaringan 5G di kota perintis, yaitu, Surakarta, Balikpapan dan Medan.

Tiga kota ini menyusul Jakarta, yang menjadi kota pertama tersentuh layanan jaringan 5G.

Melalui kanal resmi pemerintah Indonesia.go,id, Menkominfo menuturkan pemerintah mendukung operator lain untuk mengembangkan teknologi ini agar ke depannya bisa lebih mudah dijangkau dan efisien, baik infrastruktur dan operasionalnya.

"Untuk itu pemerintah daerah (pemda) harus mendukung langkah ini supaya bisa dilakukan dengan cepat seperti deployment infrastruktur repeater di atas gedung-gedung bahkan bisa juga di lampu merah," kata Menkominfo.

Johnny juga mengingatkan, supaya operator bisa mengontrol penggunaan layanan 5G ini. Tujuannya, agar tidak disalahgunakan pihak-pihak yang membawa paham radikalisme dan ideologi transnasional.

Dari sisi ekonomi, lanjut dia, layanan 5G diharapkan bisa mendukung sisi hilir dengan pengembangan e-commerce pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal serta layanan pembiayaan digital (digital financing).

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulia Syam mengatakan, jaringan 5G memiliki kecepatan 20-30 kali dibanding jaringan 4G yang ada saat ini.

Namun, keberadaan jaringan 5G tidak lantas menghentikan jaringan 4G maupun 3G. Jaringan tersebut tetap ada sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Layanan 5G diharapkan bisa mendukung sisi hilir dengan pengembangan e-commerce pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal serta layanan pembiayaan digital (digital financing).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News