Komisi IX Minta Pemerintah Perhatikan KLB DBD

Komisi IX Minta Pemerintah Perhatikan KLB DBD
Seorang anak dirawat di RSUD Prof WZ Johanes Kota Kupang, NTT akibat menderita DBD. Foto: Antara/Kornelis Kaha

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Mufida Kurniasih mengingatkan pemerintah jangan hanya terlena oleh virus Corona (COVID-19). Pasalnya, saat ini ancaman demam berdarah dengue (DBD) telah menyebar di sejumlah provinsi.

Informasi terbaru, serangan DBD tersebar di 7 provinsi, yakni Nusa Tenggara Timur (NTT), Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, Bengkulu, dan Sulawesi Utara. NTT menjadi wilayah dengan jumlah korban terbanyak.

"Satu hal yang mungkin juga tidak boleh kita lupakan, barusan saya ngobrol sama Pak Melki, kita jangan terlena dengan COVID-19 karena DBD ini juga sudah KLB kondisinya. Sudah 80 orang lebih yang meninggal dengan kasus 14 ribu lebih. Lebih banyak dari pada pasien COVID-19 dan juga korban dari COVID-19," ujar Mufida.

Hal itu disampaikan politikus Partai Keadilan Sejahtera itu dalam diskusi Forum Legislasi bertajuk "Perlukah UU Khusus Atasi Dampak Covid-19?" di Media Center MPR/DPR RI, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/3).

Hadir juga sebagai pembicara di forum itu, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Golkar Melki Laka Lena, dan Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Gerindra Kamrussamad.

Di NTT, misalnya, jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), sudah mencapai 1.190 orang dari yang sebelumnya hanya 1.145 orang. Sedangkan korban meninggal sudah mencapai 13 orang.

"Makanya nanti komisi IX perlu berbagi tugas siapa supervisi COVID-19, siapa supervisi DBD. Saya kira pemerintah benar-benar harus sangat serius memperhatikan kesehatan masyarakat di Indonesia dari segi macam jenis virus," tutur Mufida.

Dia menyebutkan, virus Dengue ini akan lebih tinggi bahayanya dibandingkan dengan COVID-19, tetapi wabah dari Wuhan, China ini juga tak boleh dianggap remeh.

Anggota Komisi IX DPR Mufida Kurniasih mengingatkan pemerintah jangan hanya terlena oleh virus Corona (COVID-19). Pasalnya, saat ini ancaman demam berdarah dengue (DBD) telah menyebar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News