JPNN.com

Komisi X DPR Apresiasi Pemprov NTB Kembangkan Wisata Halal

Senin, 02 Juli 2018 – 15:04 WIB Komisi X DPR Apresiasi Pemprov NTB Kembangkan Wisata Halal - JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK - Komisi X DPR RI mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mengembangkan wisata halal di NTB, khususnya di Pulau Lombok. Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI SB Wiryanti Sukamdani.

“Komisi X merasa sangat terkesan dengan perkembangan dan kemajuan pariwisata di NTB, khususnya di Pulau Lombok yang memiliki destinasi-destinasi wisata yang terkenal sangat indah baik pantainya, lembah, gunung, adat dan budaya serta kuliner,” kata Wiryanti dalam sambutannya saat pertemuan dengan Sekda Pemprov NTB dan Kepala Dinas Pariwisata NTB di Kantor Dinas Pariwisata Lombok, NTB, Jumat (29/6/2018).

Sebagaimana diketahui, sambung Yanti sapaan akrab Wiryanti, saat ini NTB khususnya Pulau Lombok sedang mengembangkan konsep wisata halal, yang berfokus pada peningkatan pelayanan kepada seluruh wisatawan yang datang tanpa mengenal zonasi.

“Selain itu NTB merupakan satu-satunya provinsi yang memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang pariwisata halal yang tertuang dalam Perda No.2/2016, yang disahkan pada 21 Juni 2016,” ungkap politisi PDI Perjuangan tersebut.

Perda ini, menurut Yanti sangat membantu dalam legitimasi hukum terkait wisata halal, yang menitikberatkan pada peningkatan kualitas pelayanan khususnya dalam bidang akomodasi dengan menyediakan kebutuhan wisatawan terkait peribadatan selama berkunjung ke Lombok hingga sajian kuliner halal yang telah tersertifikasi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata NTB HL Moh. Faozal menyatakan program pariwisata merupakan program prioritas Pemerintah Provinsi NTB di era kepemimpinan Gubernur TGH M Zaenul Majdi.

“Perkembangan pariwisata yang terjadi saat ini merupakan sinergitas dari para pemangku kepentingan bersama pemerintah daerah dari tingkat provinsi hingga desa,” papar Faozal.

Ia menyampaikan, bahwa apa yang dilihat saat ini adalah hasil sinergi dari para pemangku kepentingan pariwisata di NTB bersama pemerintah daerah. Dapat dilihat juga dengan semakin banyaknya properti hotel yang hadir baik di kawasan Senggigi maupun Gili di Kabupaten Lombok Utara.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...