Komjen Boy: Keterlibatan Perempuan dalam Aksi Teror Meningkat dalam 10 Tahun Terakhir

Komjen Boy: Keterlibatan Perempuan dalam Aksi Teror Meningkat dalam 10 Tahun Terakhir
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. Dok Humas BNPT.

jpnn.com, MEDAN - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar mengungkapkan keterlibatan perempuan dalam aktivitas terorisme meningkat dalam 10 tahun terakhir.

Menurut Boy, peran perempuan bertransformasi dari pendukung menjadi pelaku. BNPT pun mencatat ada 18 perempuan muda Indonesia nekat melakukan aksi terorisme. 

"Kelompok teror kerap memanfaatkan sifat feminin dari perempuan makanya banyak perempuan dilibatkan selama 10 tahun terakhir," ujar Boy Rafli dalam kegiatan Perempuan Teladan Optimis Produktif (TOP) Viralkan Perdamaian yang diselenggarakan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Utara, Senin (29/8). 

Kegiatan Perempuan Teladan Optimis Produktif (TOP) Viralkan Perdamaian ini dihadiri oleh ratusan tokoh perempuan lintas agama di Sumatera Utara.

Selain itu, turut hadir pula jajaran forkopimda provinsi dan kota sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pencegahan radikalisme dan terorisme di daerah, serta Staf Khusus Bidang Kerja Sama Ulama BNPT, Habib Abubakar Alatas.

Boy melihat perempuan dan anak sebagai korban propaganda radikal terorisme di media sosial. Dia menekankan selain faktor internal dalam diri perempuan itu sendiri, peningkatan peran perempuan dalam terorisme juga tidak lepas dari pengaruh media sosial.

"Dunia digital ini termasuk sarana menyebarkan virus kekerasan dalam masyarakat. Perempuan dan anak rentan menjadi korban propaganda tersebut," kata mantan Kadiv Humas Polri itu.

Supaya mata rantai radikalisme dan terorisme terputus, Boy berpesan agar perempuan lebih selektif dan waspada dalam berinteraksi di dunia maya, terutama dalam menjaga anak-anak sebagai generasi muda bangsa ini.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar menyebut keterlibatan perempuan dalam aksi teror meningkat dalam sepuluh tahun terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News