Komnas HAM Dalami Insiden Mesuji

Komnas HAM Dalami Insiden Mesuji
Komnas HAM Dalami Insiden Mesuji
JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memastikan turun tangan guna menyelidiki kasus terbunuhnya tujuh warga dan karyawan perusahaan sawit di Desa Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan. Komnas memastikan terjadi pelanggaran HAM yang mengakibatkan tujuh nyawa melayang.

“Kalau ada orang yang terbunuh, berarti ada pelanggaran HAM. Itu sudah masuk katagori pelanggaran HAM. Pelanggaran atas hak orang untuk hidup,” kata Komisioner Komnas HAM, Nurkholis, di Jakarta, Jumat (22/4) malam.

Dia mengatakan, beberapa pihak akan dimintai pertanggung jawaban terkait bentrok berdarah itu. “Kami akan meminta pertanggung jawaban perusahaan sawit PT SWA (Sumber Wangi Alam), kepolisian, dan berkoordinasi dengan Pemda setempat,” kata mantan Direktur LBH Palembang itu.

Apakah terjadi pelanggaran HAM berat? “Kami belum menyimpulkan, karena sedang merencanakan untuk turun ke lapangan. Tetapi yang bisa saya sampaikan dari kasus itu sudah terjadi pelanggaran HAM. Berat atau tidak, nanti kesimpulannya,” ujarnya menegaskan.

JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memastikan turun tangan guna menyelidiki kasus terbunuhnya tujuh warga dan karyawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News