Komnas HAM: Pelaku Kekerasan Harus Ditindak, Termasuk Polisi

Komnas HAM: Pelaku Kekerasan Harus Ditindak, Termasuk Polisi
Komnas HAM. Foto/ilustrari: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta kepada pihak kepolisian agar menegakkan hukum tanpa pandang bulu terkait pelanggaran pengamanan demo akhir-akhir ini. Komnas HAM mengharapkan tindakan tegas itu juga berlaku kepada aparat kepolisian.

"Kepastian proses dan penegakan hukum terhadap siapa pun yang melakukan tindakan kekerasan," kata Komisioner Komnas HAM Amiruddin Al Rahab dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (27/9).

Amiruddin mencatat banyak kasus kekerasan dari pihak pengamanan terhadap massa. Kekerasan itu bahkan meninggalkan duka terdalam bagi Indonesia. Sebut saja mahasiswa Al-Azhar Faisal Amir yang harus koma setelah mendapat tindakan kekerasan. Kemudian dua mahasiswa tewas di Kendari.

Menurut dia, harus ada komitmen segera dari pemerintah dan aparat kepolisian untuk menegakkan keadilan.

"Kami dari Komnas HAM akan mencoba terus memantau dan mendorong supaya hal-hal begini tidak terus terjadi," ujar Amiruddin. (tan/jpnn)

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta kepada pihak kepolisian agar menegakkan hukum tanpa pandang bulu terkait pelanggaran pengamanan demo akhir-akhir ini


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News