Kompolnas Khawatir Irjen Napoleon Coreng Polri Apabila Sampai Kabur

Kompolnas Khawatir Irjen Napoleon Coreng Polri Apabila Sampai Kabur
Djoko Tjandra jadi tersangka surat jalan palsu. Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengomentari sikap penyidik Polri yang tidak menahan Irjen Napoleon Bonaparte dalam kasus dugaan suap yang dilakukan Djoko Tjandra. Menurut Poengky, tindakan tersebut berbahaya bagi nama baik Polri.

Poengky pun menuturkan, penahanan itu adalah hak dari penyidik sesuai dengan Pasal 21 ayat (1) KUHAP.

Dalam pasal itu disebut penahanan akan dilakukan penyidik jika ada kekhawatiran tersangka atau terdakwa melarikan diri, merusak atau menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi tindak pidana.  

“Hal ini disebut syarat subyektif penahanan. Lalu sesuai Pasal 21 ayat (4) KUHAP ada syarat obyektif penahanan, sehingga penahanan akan dilakukan pada tersangka atau terdakwa yang diancam dengan tindak pidana penjara lima tahun atau lebih, atau tersangka/terdakwa tindak pidana pasal-pasal tertentu di KUHP,” kata Poengky kepada wartawan, Kamis (27/8).

Poengky menerangkan, apabila dilihat dari aturan KUHAP tersebut, maka penyidik tidak wajib menahan tersangka atau terdakwa. Penahanan akan dilakukan penyidik jika syarat obyektif dan subyektif terpenuhi.

“Meski penyidik tidak menahan tersangka, tetapi mohon dapat dipertimbangkan juga besarnya kasus ini yang berpotensi intervensi. Kita juga masih ingat Djoko Tjandra buron sebelas tahun,” ujar Poengky.

Belajar dari Djoko Tjandra, Poengky meminta agar Polri bisa lebih berhati-hati

“Jangan sampai para tersangka yang tidak ditahan akan melarikan diri. Jika sampai mereka melarikan diri, nama baik Polri akan tercoreng,” tambah Poengky.

Kompolnas Poengky Indarti mengomentari sikap penyidik Polri yang tidak menahan Irjen Napoleon Bonaparte dalam kasus dugaan suap yang dilakukan Djoko Tjandra. Menurut Poengky, tindakan tersebut berbahaya bagi nama baik Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News