Kompolnas Minta Polisi Transparan soal Kecelakaan Maut yang Libatkan Aiptu ICH

Kompolnas Minta Polisi Transparan soal Kecelakaan Maut yang Libatkan Aiptu ICH
Komisioner Kompolnas Poengky Indarti. Foto: ANTARA/Evarukdijati

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) turut mengikuti perkembangan kasus kecelakan maut yang melibatkan anggota Polri Aiptu ICH dan seorang pengendara berinisial H.

Terlebih ada informasi bahwa terjadi pemukulan oleh Aiptu ICH kepada H sebelum terjadi kecelakaan. H pun sudah melaporkan kejadian pemukulan yang dilakukan Aiptu ICH kepada Polres Metro Jakarta Selatan.

“Tentu laporan ini harus segera ditindaklanjuti untuk menunjukkan profesionalitas polisi dan membuktikan kepada publik bahwa Polri tidak diskriminatif," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti dalam keterangannya, Minggu (27/12).

Lanjut Poengky menerangkan, Polri harus bersikap adil dalam proses penyelidikan dan penyidikan kecelakaan maut  tersebut. Korps Bhayangkara juga harus transparan dengan melakukan penyidikan berbasis ilmiah dalam proses pembuktian.

“Proses lidik sampai sidik kasus kecelakaan lalu lintas dan kasus pemukulan yang diduga saling berkaitan dapat dilakukan secara adil dan transparan berdasarkan scientific crime investigation,” tegas Poengky.

Sebelumnya terjadi kecelakaan maut di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dipicu insiden penyerempetan antara mobil yang dikendarai tersangka H dan polisi Aiptu ICH. Dari pengakuan tersangka H, Aiptu ICH sempat melakukan pemukulan ketika cekcok.

Saat itu mobil yang dikendarai Aiptu ICH melaju dari arah barat ke timur Jalan Ragunan, Jaksel. Namun tiba-tiba mobil Innova diserempet oleh mobil yang dikendarai tersangka H.

Aiptu ICH kemudian menghentikan mobilnya. Cekcok di antara keduanya pun tak terhindarkan. Lantaran kesal dipukul, tersangka H kemudian mengejar mobil Aiptu ICH untuk meminta pertanggungjawaban. Saat kejar-kejaran itulah mobil tersangka memepet mobil yang dikendarai Aiptu ICH.

Kompolnas meminta kepolisian bersikap adil dalam menangani kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anggota Polri Aiptu ICH. Polri pun diminta mengusut dugaan penganiayaan yang dilakukan Aiptu ICH sebelum terjadi kecelakaan maut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News