Kompolnas: Sudah Semestinya Kapolres Tanpa Ajudan

Kompolnas: Sudah Semestinya Kapolres Tanpa Ajudan
Kompolnas: Sudah Semestinya Kapolres Tanpa Ajudan

jpnn.com - JAKARTA – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Edi Sahputra Hasibuan, mengharapkan seluruh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) di seluruh Indonesia dapat segera melaksanakan perintah Mabes Polri, yang melarang Kapolres maupun istri memiliki ajudan berasal dari anggota kepolisian aktif.

Harapan tersebut ia kemukakan, karena selama ini ada Kapolres yang menurut Edi, bahkan memiliki sampai dua orang ajudan.

“Kapolres bagai raja kecil di daerah. Semua kebutuhan dilayani ajudan, sopir dan pegawalnya. Mulai saat ini harus tampilkan Kapolres yang sederhana. Apalagi saat ini jumlah anggota polri sangat kurang. Kalau semua Kapolres punya ajudan sampai dua orang misalnya, berapa jumlah anggota yang ditugaskan,” katanya di Jakarta, Rabu (30/4).

Sayangnya saat ditanya Kapolres mana saja yang sampai memiliki dua orang ajudan, Edi belum bersedia memapar lebih jauh. Meski begitu, kenyataan sulitnya masyarakat menghubungi Kapolres secara langsung, menurutnya sangat banyak terjadi. Sebab telepon seluler Kapolres biasanya dipegang oleh seorang ajudan.

“Kita lihat untuk menghubungi Kapolres saja sulitnya bukan main. Telepon selular dipegang ajudan. Kalau terjadi seperti ini, bagaimana Kapolres melayani masyarakat, bagaimana masyarakat kasih informasi kepada Kapolres. Perlu diingat, masyarakat itu sangat bangga apabila bisa langsung komunikasi dengan Kapolresnya,” kata Edi.

Karena itu atas keputusan Mabes Polri sebagaimana disampaikan Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti, di Jakarta, Selasa (29/4) kemarin, Kompolnas kata Edi menyambut dan mendukung kebijakan tersebut.

“Dia (Kapolres) harus tampil sebagai sosok polisi yang melayani masyarakat. Bukan dilayani anak buah. Kita tampilkan sosok polisi yang penolong dan pelindung dan pengayom bagi masyarakat,” katanya.

Sebelumnya Wakapolri menyatakan, kebijakan melarang Kapolres menggunakan ajudan dari anggota polisi aktif, sejalan dengan program Polri yang mengutamakan pelayanan kepada masyarakat di daerah.

JAKARTA – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Edi Sahputra Hasibuan, mengharapkan seluruh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News