Komunal Luncurkan Kairos CBS, Bantu Optimalisasi Digitalisasi BPR

Komunal Luncurkan Kairos CBS, Bantu Optimalisasi Digitalisasi BPR
Komunal meluncurkan produk inovasi terbaru yang diberi nama Kairos CBS. Foto: Dok. Pribadi

jpnn.com - JAKARTA - Komunal meluncurkan produk inovasi terbaru, Kairos CBS, sebagai wujud komitmen dalam upaya mendukung pertumbuhan inklusi keuangan dan mendorong digitalisasi BPR (Bank Perekonomian Rakyat) di Indonesia.

Kairos CBS merupakan layanan software as a service core banking system yang dibangun dengan mengedepankan keamanan, kemudahan, serta kebutuhan bisnis BPR.

"Kairos CBS hadir sebagai solusi dari beberapa hambatan utama yang dihadapi oleh BPR dalam penerapan teknologi digital, seperti hambatan strategi implementasi teknologi digital, besarnya biaya investasi penerapan teknologi digital, hingga kendala sumber daya manusia yang betul-betul ahli dan terpercaya untuk mengimplementasikan teknologi digital tersebut," ujar Chief Technology Officier Komunal Devin Marco dalam keterangannya dikutip Selasa (12/12).

Menurut dia, Kairos CBS dirancang khusus menjadi sofware penghubung dari ekosistem produk yang telah dimiliki oleh Komunal saat ini.

Nantinya, BPR-BPR akan dapat menikmati tidak hanya layanan perbankan untuk kebutuhan operasional BPR itu sendiri, tetapi juga dapat mengakses dengan mudah produk-produk Komunal, seperti KomunalP2P dan DepositoBPR by Komunal yang akan terintegrasi langsung dengan KAIROS CBS.

CEO Komunal Hendry Lieviant bersyukur dengan pencapaian pihaknya sepanjang tahun ini. Dua produk Komunal, yakni KomunalP2P, platform pinjaman produktif,  telah berhasil menyalurkan total kredit produktif Rp 4,4 triliun ke lebih dari 1.300 UMKM di seluruh Indonesia.

"Produk kedua adalah DepositoBPR by Komunal, aplikasi marketplace pertama khusus produk deposito BPR di Indonesia yang telah berhasil menyalurkan dana deposito sebesar Rp 7 triliun ke lebih dari 330 mitra BPR terseleksi yang bergabung dengan Komunal," ucap Hendry. 

Dalam momen peluncuran ini, Komunal berharap agar Kairos CBS dapat menjadi produk sistem perbankan, khususnya bagi BPR, yang bisa digunakan dengan mudah, terpercaya, dan aman. (mcr7/jpnn)

Komunal meluncurkan Kairos CBS, sebagai wujud komitmen dalam upaya mendukung pertumbuhan inklusi keuangan dan mendorong digitalisasi BPR.


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Firda Junita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News