Komunitas Juwara, Mengangkat UMKM Mitra Bukalapak Terus Naik Kelas

Komunitas Juwara, Mengangkat UMKM Mitra Bukalapak Terus Naik Kelas
CEO Mitra Bukalapak Howard Gani. Foto: Bukalapak

jpnn.com, JAKARTA - Menjadi bagian dari Mitra Bukalapak tidak hanya membuka jalan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk melakukan transformasi. Ada Komunitas Juwara yang menjadi ajang edukasi bagi UMKM Mitra Bukalapak untuk terus mengembangkan diri dan naik kelas.

Komunitas Juwara merupakan komunitas yang dibentuk oleh Mitra Bukalapak untuk mengumpulkan para pemilik warung, kios pulsa, dan agen individual yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga pertengahan 2023 lalu, Komunitas Juwara telah memiliki sekitar 130.000 anggota yang tersebar di lebih dari 50 kota di Indonesia.

Warga Bandung bernama Retno Zuliastuti ini adalah contoh pelaku UMKM Mitra Bukalapak yang sukses melakukan transformasi usaha bersama Komunitas Juwara. Awalnya Retno mengontrak tempat untuk membuka warung kecil.

Sampai akhirnya pada 2018, Retno menjadi Mitra Bukalapak. Keputusan itu membuka jalan mulus bagi Retno untuk mentransformasikan usaha kecil dari tempatnya mengontrak menjadi warung tetap di depan rumah milik sendiri.

“Produk yang paling diminati oleh masyarakat di sekitar warung saya adalah produk virtual, seperti pulsa, token listrik, dan Kirim Uang,” tuturnya.

Retno memang piawai berdagang. Dia pandai mengelola stok, mempromosikan produk, dan menerapkan strategi cross-selling kepada pelanggan.

Retno mempelajari strategi cross-selling itu dari salah satu kegiatan edukasi yang menjadi bagian acara reguler Spesial Kumpul Juwara (SKJ) bagi seluruh anggota Komunitas Juwara.

Melalui Mitra Bukalapak, Retno bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan produk virtual secara lengkap di lingkungan sekitarnya. Selanjutnya, dia menjualnya dengan jurus cross-selling atau strategi pemasaran untuk membujuk konsumen mau membeli produk tambahan.

Komunitas Juwara menjadi ajang edukasi bagi UMKM Mitra Bukalapak di seluruh Indonesia untuk terus mengembangkan diri dan naik kelas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News