Komunitas Nelayan Pesisir Dukung Ganjar Jaga Ekosistem Laut di Probolinggo

Komunitas Nelayan Pesisir Dukung Ganjar Jaga Ekosistem Laut di Probolinggo
Komunitas Nelayan Pesisir Dukung Ganjar berusaha membersihkan pantai di Probolinggo. dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, PROBOLINGGO - Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Timur (Jatim) mengajak para pelaut di Pantai Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo untuk membersihkan lingkungan, Selasa (28/2).

Koordinator Lapangan Nelayan Pesisir Probolinggo, Abdul Kahar mengatakan aksi itu dilakukan untuk menjaga kebersihan pantai, ekosistem laut, dan melestarikan sumber dayanya.

Sebab, Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang cukup beragam.

"Tujuannya (kegiatan ini) ya untuk menjaga ekosistem laut kita seperti ikan, ataupun udang, bahkan yang lainnya seperti terumbu karang juga ya," kata Abdul.

Abdul meminta upaya merawat, menghargai, dan menjaga laut beserta ekosistemnya dapat menjadi perhatian bersama demi menyelamatkan bumi serta melestarikan sumber dayanya.

Sumber daya laut memberikan banyak manfaat untuk manusia sehingga rusaknya ekosistem tersebut akan berdampak pada kehidupan manusia.

Oleh karena itu, bersih-bersih kawasan pesisir pantai dari sampah menjadi salah satunya aksi nyata mereka. Meski dengan peralatan seadanya, tak mematahkan semangat para nelayan ini.

Selain itu, Komunitas Nelayan Pesisir Jatim Pendukung Ganjar Pranowo tersebut juga memberi alat tangkap berupa jaring kepada para nelayan, sehingga penggunaan alat penangkap ikan yang dilarang bisa diminimalisir.

Komunitas Nelayan Pesisir Jatim berusaha untuk menjaga ekosistem laut yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News