Komunitas NII Duga ada Golongan Menyimpang

Kepala Desa Siap Usir Tunggu Momentum

Komunitas NII Duga ada Golongan Menyimpang
Komunitas NII Duga ada Golongan Menyimpang
GARUT - Keberadaan pengikut Negara Islam Indonesia (NII) terus mendapat sorotan. Pemicunya mereka diduga menjadi dalang pencucian otak dan penculikan beberapa mahasiswa. Komunitas di kampung NII di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, menduga muncul golongan yang menyimpang.

Secara administratif organisasi, komunitas NII di Kecamatan Purbayani masuk dalam wilayah Garut Selatan. Di kecamatan ini, mereka merupakan komunitas dengan jumlah terbesar dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Garut. Saat ini, tercatat ada 30-an kepala keluarga pengikut NII, dengan jumlah jiwa mencapai 150-an. Dengan komposisi pengikut yang besar, Kecamatan Caringin ditetapkan pusat wilayah.

Penanggung Jawab NII Wilayah Garut Selatan H Iri menjelaskan, saat ini komunitasnya sudah tidak rentan terhadap gesekan sesama penduduk di Desa Purbayani. Penyebabnya, banyak perbedaan pelaksanaan ibadah yang saat ini sudah kembali lagi seperti yang diterapkan penganut agama Islam pada umumnya.

Pria kelahiran 1922 itu mengatakan, anggota NII memang sempat melakukan ibadah sholat lima waktu dengan menghadap ke timur. "Berjalan kira-kira dua tahun. Sekarang kiblatnya sudah kembali ke barat lagi," tandasnya dalam bahasa Sunda sesekali diselingi bahasan Indonesia kemarin (26/4).

GARUT - Keberadaan pengikut Negara Islam Indonesia (NII) terus mendapat sorotan. Pemicunya mereka diduga menjadi dalang pencucian otak dan penculikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News