Koneksi Luas dan Didukung Partai Besar, Airlangga Layak Diperhitungkan di Bursa Pilpres 2024

Koneksi Luas dan Didukung Partai Besar, Airlangga Layak Diperhitungkan di Bursa Pilpres 2024
Presiden Joko Widodo saat memperlihatkan chopper miliknya ke Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Istana Bogor, Sabtu (24/3). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Koneksi politik luas dan dukungan solid dari partai papan atas adalah dua modal besar Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dalam pertarungan menuju tiket capres/cawapres Pilpres 2024.

Peneliti CSIS Arya Fernandes mengatakan, hanya sedikit sekali figur yang memiliki keunggulan seperti Airlangga Hartarto.

"Jadi saya kira dia punya koneksi yang bagus dan yang kedua punya sokongan partai. Dua hal itu di sejumlah calon belum dimiliki," ujar Arya saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (1/4).

Apalagi, lanjut dia, menteri koordinator perekonomian itu juga berpengalaman sebagai anggota dewan.

Untuk kekurangan, Airlangga dinilai masih perlu meningkatkan kepopulerannya dalam skala nasional.

"Tetapi, calon calon lain punya tantangan juga, misal yang populer tidak punya koneksi di level high politic. Ada juga yang tidak bisa mengakses tokoh-tokoh penting di partai atau tidak punya sokongan partai," tuturnya.

Airlangga dalam beberapa pekan terakhir melakukan safari politik dengan bertemu para ketua umum partai. Di antaranya Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Menurut Arya, kecil kemungkinan Airlangga mendapat tiket calon presiden jika berkoalisi dengan Partai Gerindra yang kemungkinan besar akan menyalonkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Ada dua hal yang menjadi kelebihan Airlangga Hartarto dalam perlombaan menuju tiket Pilpres 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News