Konfernas Umat Katolik Tentang Revitalisasi Pancasila Hadirkan Tiga Menteri

Konfernas Umat Katolik Tentang Revitalisasi Pancasila Hadirkan Tiga Menteri
Sekjen KWI, Mgr. Antonius Subianto Bunyamin (kanan) menyerahkan cinderamata ke Menhan Ryamizard Ryacudu (kiri) usai berbicara pada Konfernas Umat Katolik Indonesia di Universitas Atma Jaya Jakarta, Sabtu (12/8). Foto:JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Konferensi Nasional Umat Katolik Indonesia yang digelar di Kampus Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, Sabtu (12/8) menghadirkan tiga menteri era pemerintahan Presiden Joko Widodo dan sejumlah tokoh sebagai pembicara.

Ketiga menteri itu adalah Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Selain tiga menteri itu, sejumlah tokoh juga hadir sebagai pembicara. Mereka adalah Bambang Ismawan, Romo Frans Magnis Suseno, J Kristiadi, Anhar Gonggong, Margareta Astaman, Trias K, Stanley Adi, Rosarita Niken, Koerniatmanto, Ignas Kleden, Hinca Panjaitan, Letjen TNI Hinsa Siburian, Gories Mere dan Kusnanto Anggoro.

Konferensi Nasional yang mengangkat tema tentang Revitalisasi Pancasila ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr. Antonius Subianto Bunyamin OSC.

Pantauan JPNN.com, setelah Sekjen KWI membuka Konferensi Nasional ini, dilanjutkan ketiga menteri secara bergiliran menyampaikan pandangan dan pemikirannya terkait tema tersebut. Pemaparan diawali oleh Menteri ESDM, disusul Menteri Pertahanan dan Menkominfo, kemudian Bambang Ismawan.

Keempat pembicara ini menyampaikan gagasan di hadapan lebih dari 300 peserta terdiri dari perwakilan tokoh Katolik, pemikir, pimpinan organisasi Katolik dan perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Usai empat pembicara menyampaikan paparannya, dilanjutkan dengan diskusi yang dibagi dalam empat sesi diskusi bersama sejumlah narasumber.

Dalam kesempatan itu, empat perguruan tinggi Katolik juga menyampaikan naskah akademik terkait Revitalisasi Pancasila yakni Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Soegyapranata, dan Universitas Parahyangan Bandung.

Tampak hadir sejumlah tokoh sebagai peserta antara lain Bupati Lamandau, Marukan; Anggota DPD RI dari Provinsi Lampung, Anang Prihantoro, Kriminolog sekaligus anggota Ombudsman RI, Adrianus Meliala, Ketua Komisi Kerawam KWI, Mgr. Vincentius Sensi Potokota, Pr dan Sekretaris Komisi Kerawaman KWI, Romo Pras, Ketua Panitia Konfernas Umat Katolik, Muliawan Margadana, Rektor Universitas Atma Jaya Jakarta, Dr. Agustinus Prasetyantoko. Hadir pula perwakilan dari Pemuda Katolik, PMKRI, WKRI, ISKA dan mahasiswa dari beberapa universits.(fri/jpnn)


Konferensi Nasional Umat Katolik Indonesia yang digelar di Kampus Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, Sabtu (12/8) menghadirkan tiga


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News