Konflik Wamena Diselesaikan Secara Adat

Konflik Wamena Diselesaikan Secara Adat
Konflik Wamena Diselesaikan Secara Adat
WAMENA - Konflik antara dua kelompok di pasar Sinakma Wamena, Rabu (22/2) yang mengakibatkan tewasnya ajudan Wakil Bupati Jayawijaya Jhon R Banua dan beberapa orang lainnya lukal-uka termasuk Jhon Banua sendiri akhirnya diselesaikan dengan cara adat.

Ya,  konflik antar 2 kelompok masyarakat yang salah satu kelompok masyarakat berasal dari Kabupaten Nduga kemarin telah di lakukan perdamaian secara adat. Pedamaian secara adat itu di tandai dengan acara Wakun (bakar batu) dan makan bersama hipere dan daging babi. Acara wakun ini juga  saling mempertemukan dua  kelopok masyaraat itu serta semua lapisan masyarakat, para muspida dan kepala SKPD  di Kabupaten Jayawijaya.

Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo kepada wartawan disela-sela perdamaian tersebut mengatakan konflik antar dua kelompok masyarakat yang terjadi di wilayah Kabupaten Jaywijaya telah diselesaikan secara damai dan bermartabat. 

 

Hal itu karena seluruh kepala suku, para tokoh-tokoh dan  semua komponen masyarakat setelah pemerintah dan pihak kemanan  telah sepakati bersama pada hari ini (kemarin) bahwa masalah tersebut telah  selesai.

 

WAMENA - Konflik antara dua kelompok di pasar Sinakma Wamena, Rabu (22/2) yang mengakibatkan tewasnya ajudan Wakil Bupati Jayawijaya Jhon R Banua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News