Konon Inilah Sosok Wakapolri Jika Syafruddin Jadi MenPAN-RB

Konon Inilah Sosok Wakapolri Jika Syafruddin Jadi MenPAN-RB
Wakapolri Komjen Syafruddin. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rencana reshuffle Kabinet Kerja untuk mencopot Asman Abnur dari posisi menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (MenPAN-RB) sepertinya bakal berefek pada mutasi di gerbong Polri. Desas-desus santer menyebut Wakapolri Komjen Syafruddin akan menjadi Menpan-RB menggantikan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Kabarnya, Presiden Joko Widodo akan mencopot Asman seiring langkah PAN mengusung Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Selanjutnya, Syafruddin disebut-sebut menjadi calon kuat untuk menjadi MenPAN-RB.

Jika memang Syafruddin menjadi MenPAN-RB, Polri pun sudah menyiapkan penggantinya. Irjen Idham Aziz yang kini memimpin Polda Metro Jaya akan naik jabatan menjadi Wakapolri pengganti Syafruddin.

“Saya dengar TB2 (Wakapolri, red) naik menjadi pengganti Asman. Selanjutnya Idham jadi Wakapolri,” ujar sumber yang dikenal sangat dekat dengan elite Polri kepada JPNN, Selasa (14/8).

Baca juga: Ketua DPR Sudah Terima Undangan Pelantikan Syafruddin di Istana Besok

Idham merupakan teman seangkatan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Akademi Kepolisian (Akpol). Keduanya lulusan Akpol angkatan 1987.

Tito dan Idham juga sama-sama aktif di bidang reserse dan penanganan terorisme. Keduanya bahkan pernah bersama-sama di Densus 88 Antiteror, Tito sebagai kepala Densus sedangkan Idham wakilnya.

Keduanya berprestasi melumpuhkan sejumlah gembong teroris, termasuk Dr Azahari di Kota Batu, Jawa Timur. Prestasi tersebut berbuah penghargaan dari Kapolri saat itu, Jenderal Sutanto.(tan/jpnn)


Rencana reshuffle Kabinet Kerja untuk mencopot Asman Abnur dari posisi MenPAN-RB sepertinya bakal berefek pada mutasi di gerbong Polri.


Redaktur : Antoni
Reporter : Antoni, Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News