Konsentrasi Jamaah Haji Risti

Umur Pesawat Mulai 4 Sampai 20 Tahun

Konsentrasi Jamaah Haji Risti
Konsentrasi Jamaah Haji Risti
JAKARTA - Pemberangkatan calon jamaah haji kloter I embarkasi Jakarta di Bandara Soekarno Hatta kemarin (2/10) berjalan lancar. Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali (SDA) mengingatkan jamaah untuk berhati-hati selama di tanah suci. Sejumlah embarkasi yang dijadwalkan memberangkatkan kloter I kemarin tidak mengalami gangguan serius. Pemerintah memantau serius keberadaan jamaah haji beresiko tinggi (risti). Untuk urusan pesawat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan umur pesawat masih dalam batas wajar.

Kepada para jamaah haji yang dilepas, Menag SDA berharap mereka bisa menjaga nama baik bangsa ketika berada ditanah suci. Selain itu, menteri yang juga Ketua Umum DPP PPP itu berpesa supaya jamaah haji benar-benar disiplin menjaga kesehatannya. Khusus untuk jamaah haji beresiko tinggi, SDA menjelaskan ada tanda khusus. ""Mereka dilengkapi gelang khusus jamaah risti. Gunanya supaya mudah dipantau tenaga medis,"" lanjut SDA. Dia tidak memungkiri, pada tahun-tahun sebelumnya kasus kematian jamaah haji tertinggi terjadi di pemondokan karena pantauan terhadap jamaah yang risti kurang optimal.

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih yang turut melepas jamaah haji bersama SDA mengatakan, pihaknya berharap pemberian gelang khusus jamaah haji risti diharapkan bisa optimal memantau kondisi kesehatan jamaah haji. Dia menjelaskan, lebih dari separuh jamaah haji masuk dalam kategori risti. Paling banyak, adalah jamaah dengan gangguan tekanan darah tinggi atau hipertensi. ""Tenaga medis bakal memantau lansung di pemondokan,"" tuturnya.

Sebagai rujukan jamaah haji yang sakit, Endang mengatakan menyiapkan rumah sakit di Makkah dan di Madinah. Untuk di Makkah, rumah sakit berisi 157 tempat tidur. Sedangkan di Madinah terdiri dari 67 tempat tidur. Selain berharap ke tenaga medis, Endang juga berharap para jamaah aktif memberikan informasi perkembangan kesehatannya. Jika mendadak pusing, Endang berharap jamaah segera lapor petugas medis.

JAKARTA - Pemberangkatan calon jamaah haji kloter I embarkasi Jakarta di Bandara Soekarno Hatta kemarin (2/10) berjalan lancar. Menteri Agama (Menag)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News