Konstruksi Terowongan Ambruk, Tiga Tewas

Konstruksi Terowongan Ambruk, Tiga Tewas
Petugas melakukan evakuasi korban di reruntuhan konstruksi terowongan di Hangzhou.
HANGZHOU – Tragedi kembali terjadi di Tiongkok. Kali ini, sebuah konstruksi terowongan di Hangzhou, ibukota Provinsi Zhejiang, bagian timur Tiongkok, ambruk. Akibatnya, tiga orang dilaporkan tewas, sedangkan 17 lainnya masih hilang. Diduga mereka terperangkap di antara puing-puing reruntuhan dan tidak bisa menyelamatkan diri sendiri.

Dilansir Xinhua, konstruksi terowongan sepanjang 75 meter yang rencananya rampung pada 2011 itu ambruk Sabtu (15/11) sekitar pukul setengah empat sore. Dan hingga berita ini diturunkan, pencarian kepada pekerja yang masih terperangkap terus dilakukan. Aliran deras air sungai yang membanjiri terowongan sedalam lima meter itu pun semakin memperburuk keadaan. Dan semakin mempersulit upaya penyelamatan.

’’Memang hanya ada sedikit kesempatan bagi para pekerja yang terjebak untuk bisa menyelamatkan diri, karena arus banjir yang masuk ke terowongan cukup deras,’’ ujar juru bicara regu penyelamat Wang Guangrong, kemarin. Salah satu dari tiga korban tewas adalah sopir taksi, satu lagi pekerja konstruksi. Sedangkan korban ketiga belum diketahui identitasnya. Televisi setempat melansir bahwa 19 orang yang berhasil diselamatkan telah mendapatkan perawatan di rumah sakit dan kondisi mereka cukup stabil.

Setelah tragedi itu, pelaksana konstruksi tersebut adalah China Railway Construction Group Co. Ltd. telah memanggil tim ahli mereka. Menurut Bai Zhongren, wakil presiden perusahaan konstruksi tersebut, mereka menanyakan apakah tim ahli telah melakukan uji keselamatan terhadap para pekerja atas pembangunan terowongan tersebut.

Dan berdasarkan nasihat para pakar tadi, otoritas setempat mengavakuasi tiga keluarga yang rumahnya berada di dekat terowongan tersebut. Rumah mereka akan dibongkar dan akan digunakan sebagai jalan untuk upaya penyelamatan. Selain itu, lanjut Wang, juga akan digunakan sebagai jalan untuk memperbaiki konstruksi yang pelaksanaannya dimulai Maret tahun lalu itu. (AFP/BBC/Xinhua/dia)

HANGZHOU – Tragedi kembali terjadi di Tiongkok. Kali ini, sebuah konstruksi terowongan di Hangzhou, ibukota Provinsi Zhejiang, bagian timur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News