Konsumsi Garam Berlebih Perlemah Ketahanan Tubuh

Konsumsi Garam Berlebih Perlemah Ketahanan Tubuh
Konsumsi Garam Berlebih Perlemah Ketahanan Tubuh
LONDON--Jumlah garam yang kita konsumsi dapat memicu gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Lebih bahaya lagi, kelebihan konsumsi garam dapat menyebabkan penyakit seperti multiple sclerosis.

Demikian temuan hasil penelitian beberapa tim ilmuan yang diterbitkan dalam jurnal Nature seperti dimuat BBC, Kamis (7/3). Disebutkan, gangguan ketahanan tubuh dapat melemahkan disaat melawan infeksi dan dapat memicu penyakit-penyakit seperti diabetes tipe 1, rematik dan multiple sclerosis.

Sebelumnya salah satu teori utama di balik multiple sclerosis (MS) adalah infeksi udara, merokok dan kekurangan vitamin D yang dapat memperburuk kondisi seseorang. Kini para peneliti yakin mereka telah memiliki bukti awal bahwa jumlah asupan garam juga berkontribusi pada pembentukan penyakit MS.

Tim peneliti di RS Brigam and Women dan Broad Institute di MIT dan Harvard menyelidiki bagian dari sistem kekebalan yang terkait dengan penyakit-penyakit tersebut. Mereka ingin mengetahui bagaimana sel T-helper 17 terbentuk. Analisis komprehensif dari kimia yang dibutuhkan untuk memproduksi sel T-helper 17 mengidentifikasi sebuah gen kritis.

LONDON--Jumlah garam yang kita konsumsi dapat memicu gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Lebih bahaya lagi, kelebihan konsumsi garam dapat menyebabkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News