Konsumsi Kedelai tak Menangkal Kanker Prostat

Konsumsi Kedelai tak Menangkal Kanker Prostat
Konsumsi Kedelai tak Menangkal Kanker Prostat

jpnn.com - Selama ini kedelai dikenal mengandung isoflavon yang memiliki sifat anti kanker. Namun, apakah anda yakin bahwa mengkonsumsi kedelai akan menjamin kanker prostat anda tidak kambuh kembali?

Untuk pria yang rajin mengkonsumsi suplemen kedelai, sebagai metode pencegahan terhadap kemungkinan bahwa kanker prostat dapat kambuh kembali, sebuah studi baru menunjukkan bahwa upaya mereka ini adalah sia-sia saja.

"Walaupun anda mengkonsumsi suplemen kedelai setiap hari setelah operasi kanker prostat, hal itu tidak menjamin bahwa, kanker prostat anda tidak kambuh kembali ," kata pemimpin peneliti dari University of Illinois, Dr Maarten Bosland, seperti dilansir laman Scienceworld, Jumat (6/9).

Penemuan ini tentu saja mengejutkan para ahli, karena kanker prostat merupakan kanker kedua yang paling umum menyerang pria, setelah kanker kulit. Bahkan,diperkirakan satu dari setiap enam pria didiagnosis menderita kanker prostat.

Para ahli sebelumnya berpikir bahwa isoflavon yang memiliki sifat anti kanker, mungkin dapat membantu mencegah timbulnya kanker prostat. Namun, Bosland dan rekan-rekannya menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen kedelai, tidak membuat perbedaan sama sekali.

Untuk membuktikannya, mereka secara acak meneliti 177 pasien pasca-bedah yang rutin mengkonsumsi kedelai, dan kemudian mereka mengambil protein minuman kedelai atau plasebo, dalam waktu empat bulan setelah operasi kanker prostat.

Menurut Bosland, meskipun peserta mengikuti instruksi diet, studi itu dihentikan lebih awal karena para peneliti tidak melihat manfaat tambahan dari kedelai.

Bahkan, mereka menemukan bahwa 27 persen dari participants yang rajin mengkonsumsi kedelai, kanker prostat mereka kambuh kembali hanya dalam waktu dua tahun, setelah mereka menjalani tes darah prostate-specific antigen (PSA), yang digunakan untuk memeriksa tingkat kanker dalam tubuh.

Selama ini kedelai dikenal mengandung isoflavon yang memiliki sifat anti kanker. Namun, apakah anda yakin bahwa mengkonsumsi kedelai akan menjamin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News