Kontras Tantang Jokowi Usut Kasus HAM Para Pendukungnya

Kontras Tantang Jokowi Usut Kasus HAM Para Pendukungnya
Koordinator Badan Pekerja Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan Haris Azhar. Foto : dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA -- Koordinator Badan Pekerja Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan Haris Azhar mengecam pernyataan Presiden Joko Widodo di Rapat Kerja Nasional PDI Perjuangan, Minggu (10/1) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Haris menganggap Jokowi telah bersikap sarkastik karena mengumbar kesuksesan dan keberanian menghukum mati orang. “Sarkas, menyebutkan diri sebagai pemberani kok untuk ambil nyawa orang,” kata Haris, Senin (11/1).

Dia menantang Jokowi membuktikan keberanian dengan mengusut kasus-kasus yang diduga melibatkan pendukungnya di Pilpres 2014 lalu. Haris mempertanyakan apakah Jokowi berani mendorong pengadilan agar bisa mengadili Hendropriyono karena diduga teribat kasus Talangsari 1987?

"Berani tidak periksa Megawati Soekarnoputri untuk kasus BLBI? Usut kasus darurat militer di Aceh berani tidak?" tanya Haris.

Nah, tegas dia, kalau Jokowi terima tantangan ini, barulah pantas menyebut dirinya sebagai Presiden yang tidak bisa diintervensi dan pemberani.

Dia pun menilai materi yang disampaikan Jokowi saat Rakernas PDI Perjuangan itu kebanyakan tidak nyambung. “Sudah tidak ada yang bisa dijual, lalu kasus hukum mati yang dijual," sesalnya.

Sebelumnya saat berbicara di Rakernas, Jokowi menegaskan tidak bisa diintervensi siapapun dalam menjalankan pemerintahannya. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini lantas menunjukkan dirinya adalah seseorang yang pemberani dalam segala hal disaat orang meragukannya, salah satunya mengeksekusi mati para terpidana narkoba. (boy/jpnn)


JAKARTA -- Koordinator Badan Pekerja Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan Haris Azhar mengecam pernyataan Presiden Joko Widodo di Rapat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News