Koperasi pun Siap Rambah Dunia Digital

Koperasi pun Siap Rambah Dunia Digital
Ilustrai. BCA for jpnn.com

jpnn.com - OGAH kalah dengan start up di dunia maya, beberapa koperasi di tanah air juga mulai berinisiatif menjajaki ranah digital. Kolaborasi Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mendirikan koperasi digital pertama

Sinergi keduanya melahirkan Koperasi Jasa Digital Indonesia Mandiri. 

“Koperasi ini fokus pada tiga bidang kegiatan, yaitu perangkat, jaringan, dan aplikasi,” kata Ketua Koperasi Henri Kasyfi.

Di bidang perangkat, koperasi ini berencana memiliki merek ponsel pintar sendiri. Kemudian di bidang aplikasi, aplikasi lokal akan menjadi aplikasi prioritas dalam ponsel pintar tersebut. 

Bagi masyarakat yang ingin menjadi anggota, mereka cukup membayar simpanan pokok Rp 100 ribu.

Kemudian, tiap bulan anggota bisa membayar simpanan wajib Rp 100 ribu. Bagi anggota yang membayar iuran di muka selama beberapa waktu, peserta berhak mendapat ponsel pintar.

Di bidang jaringan, koperasi akan mengadakan program akses internet Bayar 1X Internet Gratis 17 Tahun (B1IG-17). Program ini memungkinkan koperasi meluncurkan satelit sendiri yang pengelolaan dan pelayanan pelanggan tetap dilakukan para ISP yang sudah ada.

Sehingga, program ini tak mematikan ISP yang sebagian besar adalah UKM. “Melalui skema ini, kami berharap menguasai 30 persen pangsa pasar ponsel pintar, 70 persen pangsa pasar aplikasi, dan 50 persen pangsa pasar satelit pada sepuluh tahun ke depan,” tambah Henry.

OGAH kalah dengan start up di dunia maya, beberapa koperasi di tanah air juga mulai berinisiatif menjajaki ranah digital. Kolaborasi Masyarakat Telematika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News