Kopi Garut Diekspor ke Tiongkok dan Taiwan

Kopi Garut Diekspor ke Tiongkok dan Taiwan
Pekerja menjemur biji kopi arabica di Mahkota Kopi, Bayongbong, Kabupaten Garut. Foto: Adeng Bustomi/Antara

jpnn.com, GARUT - Produsen kopi di Garut, Jawa Barat, selama ini telah mampu mengekspor kopi arabika kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan pasar Asia yakni Tiongkok dan Taiwan.

"Kami sudah ekspor ke negara Tiongkok dan Taiwan sebanyak 125 ton dalam dua kali pemberangkatan," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut Beni Yoga di Garut, Selasa (3/12).

Ia menuturkan, kopi yang diproduksi oleh petani kopi di Kabupaten Garut saat ini sudah banyak diminati berbagai kalangan, termasuk penikmat kopi dari Tiongkok dan Taiwan.

Pemkab Garut, lanjut dia, terus berupaya mengenalkan kopi dari Garut dalam rangka meningkatkan penjualan dan ekspor kopi ke sejumlah negara lain.

"Selama ini bekerjasama dengan petani kopi dalam rangka meningkatkan ekspor," katanya.

Ia mengungkapkan, upaya untuk mengenalkan kopi Garut ke luar kota dan mancanegara yakni dengan menggelar festival kopi di Kabupaten Garut maupun mengikuti berbagai festival yang diselenggarakan di daerah lain.

Ia berharap kegiatan Festival Kopi Garut 2019 yang akan dilaksanakan pada 7 sampai 8 Desember 2019 dapat mendongkrak penjualan kopi ke berbagai daerah.

"Nanti di festival kopi akan ada temu bisnis, mudah-mudahan ini membuka peluang pasar," katanya.

Sebanyak 125 ton kopi arabika asal Garut telah diekspor ke negara Tiongkok dan Taiwan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News