Korban Tewas di Purworejo Paling Banyak, Ini Jumlahnya

Korban Tewas di Purworejo Paling Banyak, Ini Jumlahnya
Ilustrasi. Foto: bnpb-JawaPos

jpnn.com - JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis dari total 47 korban tewas akibat bencana yang terjadi di Jawa Tengah, paling banyak dari Kabupaten Purworejo. Totalnya mencapai 31 orang. 

Kemudian Banjarnegara enam orang, Kebumen tujuh orang, Sukoharjo, Banyumas dan Rembang masing-masing satu orang. 

"Jumlah korban jiwa terbanyak terjadi di Kabupaten Purworejo. Akibat bencana longsor 26 orang, sementara disebabkan banjir lima orang," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB‎ Sutopo Purwo Nugroho, Senin (20/6).  

Sutopo merinci, dari 31 orang korban yang meninggal dunia di Kabupaten Purworejo, terbanyak terjadi Desa Caok/Karangrejo, Kecamatan Loano yang mencapai 10 orang. Korban tewas akibat longsor. Kemudian Desa Donorati, Purworejo (6 orang), Desa Jelog, Kaligesing (3 orang), Desa Sidomulyo, Purworejo (5 orang), Desa Pacekelan, Purworejo (2 orang).

"Korban meninggal dunia di Kabupaten Purworejo juga disebabkan banjir. Masing-masing satu orang di Desa Tangkisan, Bayan, Desa Berjan, Gebang, Desa Bagelen, Bagelen dan Kelurahan Meranti, Purworejo 2 orang meninggal dunia," ujar Sutopo.

Menurut Sutopo, hingga saat ini sekitar 200 personil tim SAR gabungan masih terus melakukan pencairan korban di Desa Caok/Karangrejo, di tengah kondisi ancaman longsor susulan masih tinggi saat hujan.

"Di Desa Donorati, akses jalan menuju TKP sudah diperbaiki. Sebelumnya jalan rusak akibat longsor dan medan berat. Tiga unit alat berat sudah berada di lokasi. Akan ditambah hari ini (Senin,red). Sekitar 250 personil tim SAR gabungan dikerahkan. Longsor susulan masih tinggi," ujar Sutopo.(gir/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News